Kasi Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga, Sapto Suhardiyo saat kegiatan juguran kelompok informasi masyarakat (KIM) Mentari di Kecamatan Kaligondang, Sabtu, (5/1)

PurbalinggaNews – Di era digitalisasi saat ini, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjadi sebuah solusi terhadap perkembangan di era digital. Cepat dan mudahnya informasi yang bisa didapatkan oleh masyarakat menjadikan KIM dapat melakukan tugasnya untuk diseminasi informasi.

Karena dengan terbentuknya KIM ini menjadi pintu masuk bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga khususnya untuk ikut mensosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah kepada masyarakat luas. Apabila wadah ini sudah terbentuk maka akses informasi yang ditujukan kepada masyarakat dari Pemkab dapat lebih mudah masuk ke dalamnya.

Jadi, KIM ini sebetulnya menjadi media tidak hanya untuk kepanjangan tangan dari Pemkab untuk memasukan berbagai program dan informasi ataupun kebijakan pada masyarakat. Melainkan aspirasi yang dimiliki oleh masyarakat dapat disampaikan melalui KIM ini pada pemerintah.

“Ketika masyarakat mempunyai saran masukan bisa melalui KIM yang disampaikan kepada pemerintah,” kata Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga, Istrijati saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/1).

Sehingga akan terjadi komunikasi timbal balik, tidak hanya satu sisi pemerintah saja yang menyampaikan informasi dan kebijakan pemerintah. Tetapi juga menjadi media untuk menyerap aspirasi yang menjadi keinginan dari masyarakat melalui KIM.

“Jadi ada informasi timbal balik di sana,” ujarnya.

Sampai saat ini sudah ada 12 KIM yang terbentuk namun yang betul-betul intensif mengadakan pertemuan hanya ada dua KIM. Kedua KIM tersebut yakni KIM Lentera dan KIM Pakis yang ada di Desa Karanganyar dan Desa Tidu.

“Jadi ada dua KIM yang memang sudah sangat aktif dan kegiatannya itu berjalan, sementara yang lain itu memang masih terus kita bina,” pungkas Istrijati. (PI-7)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here