Pembukaan turnamen basket Soedirman Perwira Cup 2019 di Gedung Dharma Mulya Kong Kwan, Jum’at pagi (11/10).

PurbalinggaNews – Turnamen Basket Soedirman Perwira Cup 2019 “Together is Better” secara resmi dibuka. Turnamen tersebut dibuka oleh Kepala Dinporapar (Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata) Purbalingga mewakili Bupati Purbalingga di Gedung Dharma Mulya Kong Kwan, Jum’at pagi (11/10).

Turnamen diikuti oleh 25 tim, terdiri dari 15 tim putra dan 10 tim putri yang berasal dari SMA/SMK sederajat se-Barlingmascakeb. Ajang tersebut akan berlangsung dari tanggal 11-13 Oktober 2019.

Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga Yanuar Abidin mengapresiasi peran aktif dari para mahasiswa yang berasal dari Soedirman Perwira (paguyuban mahasiswa Unsoed asal Purbalingga) untuk memajukan olahraga di Kabupaten Purbalingga.

“Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada anak-anak mahasiswa ini, karena mereka ikut berperan aktif dalam memajukan olahraga di Kabupaten Purbalingga khususnya cabang olahraga basket yang notabene-nya masih tergolong jarang dilaksanakan kejuaraannya, apalagi ini kejuaraan se-Barlingmascakeb” kata Yanuar.

Ia berharap para peserta yang bertanding tetap menjunjung tinggi sportivitas. Ia mengatakan sikap sportivitas perlu ditumbuhkan setiap masyarakat karena dapat menumbuhkan jiwa solidaritas antar sesama warga masyarakat, semangat cinta tanah air dan menyatukan kembali semangat kebangsaan.

“Olahraga juga mengajarkan banyak hal tentang makna kejujuran, sportivitas, keadilan dan juga kebanggaan sebagai sebuah bangsa. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten tentunya sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa yang telah menginisiasi acara ini,” Yanuar.

Ketua Panitia Soedirman Perwira Cup 2019 Dharma Setya Widura mengatakan, kejuaraan ini sudah dilaksanakan 2 tahun dari tahun 2018, dan merupakan program kerja paguyuban Soedirman Perwira.

“Tujuan diadakannya kejuaraan ini adalah untuk meningkatkan kualitas para atlet basket yang ada di Purbalingga,” kata Dharma.

“Selain itu menambah jam terbang bagi para atlet untuk menguji kemampuan mereka dan sebagai bahan evaluasi di turnamen-turnamen berikutnya, mengingat turnamen basket di Purbalingga yang dilaksanakan setahun hanya dua kali, mungkin ke depan kita akan kembangkan turnamen basket ini lebih sering lagi,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan, dalam event Soedirman Perwira Cup 2019 ini tidak hanya Exhibition Game (pertandingan) saja, namun juga terdapat berbagai acara menarik lainnya, seperti games yang terdiri dari three point contest dan half court shoot contest, aneka stand food court dan final party.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinporapar Purbalingga Yanuar Abidin berkenan memberikan bantuan dari Pemkab Purbalingga berupa uang pembinaan sebesar tiga juta rupiah. Hadiah yang diperoleh peserta dalam kejuaraan tersebut terdiri dari juara I mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000,-, juara II Rp 1.200.000,-, dan Juara III Rp 800.000,-. (PI-9)

Facebook Comments
Like