Antisipasi banjir, Satgas TMMD dan para warga melakukan normalisasi Sungai Laban, Desa Karangjambu.

PurbalinggaNews – Normalisasi sungai di Desa Karangjambu, Kecamatan Karangjambu menjadi salah satu target sasaran Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler Ke 101 Komando Distrik Militer (Kodim) 0701/Purbalingga. Kegiatan normalisasi sungai dilaksanakan di Sungai Laban Desa Karangjambu.

“Sebelumnya telah dilaksanakan normalisasi kali (sungai) tersebut pada awal pelaksanaan TMMD tepatnya pada 9 April 2018 lalu,” kata Serka Widyo Satgas TMMD saat dijumpai di lokasi TMMD Reguler 101 di Desa Karangjambu, kemarin.

Normalisasi kali laban dilakukan menggunakan satu unit excavator dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Purbalingga. Tujuan normalisasi sungai dimaksudkan untuk mengantisipasi banjir saat musim penghujan akibat pendangkalan Kali Laban serta meningkatkan debit air para petani khususnya di Desa Karangjambu.

“Tanah, batu ataupun lumpur yang dikeruk di sungai, nantinya dituangkan di bantaran sungai untuk menambah ketinggian tanggul,” tambah Serka Widyo.

Bantaran yang dulunya tertutup semak belukar dan pohon rindang, ia mengimbuhkan telah ditebang dan dibersihkan. Batang kayu utama dipotong untuk dijadikan kerangka atap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) termasuk bambu yang juga tumbuh disekitaran sungai.

Menurut Serka Widyo, ini merupakan nilai tambah dalam pelaksanaan TMMD Reguler Ke 101 Kodim 0702/Purbalingga. Over prestasi yang telah dilakukan yakni pembuatan gorong-gorong sepanjang 3 meter di bantaran sungai.

“Peninggian tanggul melalui normalisasi menjadikan bantaran Sungai Laban menjadikan jalan lingkar baru di Desa Karangjambu, bukan jalan lingkar menuju ke kebun warga,” ujarnya.

Upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, melalui DPU PR disambut baik oleh warga Desa Karangjambu. Dengan normalisasi Sungai Laban tersebut, tambahnya maka pengairan persawahan nantinya akan semakin baik.

“Ditambah dengan pemasangan bronjong sungai juga menjadi lebih aman dari longsor, karena apabila terjadi longsor dapat dapat mengakibatkan jalan di sekitar sungai menjadi rusak dan terkikis,” jelas Serka Widyo.

Serka Widyo beserta warga Desa Karangjambu turut serta mengawasi dan membantu proyek normalisasi Sungai Laban. Warga Desa Karangjambu juga turut membantu memasang gorong-gorong secara bergantian dengan satgas TMMD. (PI-7)

Facebook Comments
Like