“Program Jujag-Jujug diperluas melayani belanja online ke Pasar Bobotsari dan Pasar Ikan Kembaran Kulon”

PurbalinggaNews – Jujag-Jujug, program belanja online kebutuhan rumah tangga dan kuliner yang digagas Pemerintah Kabupaten Purbalingga bekerjasama dengan Kampung Marketer dan Koperasi Ojek Online dinilai cukup sukses. Selama 3 minggu penerapan sudah terjadi 281 transaksi dengan omset sebesar Rp 28.771.500,-.

“Antusiasme masyarakat untuk menggunakan Jujag Jujug untuk memenuhi kebutuhanya cukup tinggi. Oleh karena itu, saya menugaskan dinas terkait agar program Tuka-Tuku ‘Jujag-Jujug’ diperluas,” ujar Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Senin (18/05).

Menurutnya, program tersebut merupakan solusi bagi masyarakat yang hendak memenuhi kebutuhannya tanpa beranjak dari rumah. “Saya juga belanja lewat Jujag-Jujug, sangat praktis. Harganya juga sama dengan di pasar, hanya tambah ongkos kirim,” katanya.

Saat ini, program Jujag-Jujug baru melayani pembelian online kuliner yang bekerjasama dengan pelaku UMKM dan kebutuhan rumah tangga di Pasar Segamas. “Mulai hari ini diperluas ke Pasar Bobotsari dan Pasar Ikan Kembaran Kulon,” ujarnya.

Bupati Tiwi berharap dengan perluasan ini masyarakat semakin dipermudah untuk mendapatkan kabutuhan dapur dan kulinernya. Kemudian, para pedagang yang masuk dalam program juga bertambah banyak sekaligus pengemudi ojol juga semakin terberdayakan.

Indah, warga masyarakat yang memanfaatkan Jujag Jujug untuk membeli kuliner kesukaannya mengaku sangat terbantu. “Cepat sampai dan drivernya juga memenuhi protokol kesehatan, saya juga tetap bisa dirumah saja,” ujarnya.

Setia Wijiastuti, salah satu pelanggan Jujag-Jujug juga mengapresiasi program tersebut. “Sayurnya fresh seperti belanja di pasar, kalau dihitung-hitung lebih hemat pakai Jujag-Jujug karena kalau saya belanja langsung ke pasar juga butuh transportasi juga,” ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga Sidik Purwanto menambahkan kedepan perluasan akan terus dilakukan. “Saat ini baru Pasar Segamas ditambah hari ini mulai berlaku Pasar Bobotsari, kedepan kami targetkan masyarakat bisa belanja di pasar terdekat lewat Jujag-jujug,” ujarnya.

Kampung Marketer selaku pendukung program ini menyatakan kesiapannya untuk membuat Jujag-Jujug semakin mempermudah masyarakat. “Sistem kami siap mendukung Jujag-Jujug,” ujar Hendrik, perwakilan dari Kampung Marketer Purbalingga.

Sebagaimana diketahui pada 1 Mei lalu, Pemerintah Kabupaten Purbalingga telah meluncurkan program Jujag-Jujug. Bagi masyarakat Purbalingga yang ingin belanja kuliner atau kebutuhan di pasar bisa melalui program Jujag-Jujug.

Caranya sangat mudah, tinggal hubungi whatsapp (WA) ke nomor 081390324068, pilih barang yang akan dipesan, segera akan diproses dan diantarkan sampai ke rumah. (PI-7)