Tarawih keliling (Tarling) rombongan Tim 2 yang dipimpin Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon di masjid Baitul Ikhlas Desa Brakas, Kecamatan Karanganyar, Sabtu (26/5).

PurbalinggaNews – Tarawih keliling (Tarling) rombongan Tim 2 yang dipimpin Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon, Sabtu (26/5) menyambangi masjid Baitul Ikhlas Desa Brakas, Kecamatan Karanganyar. Pada kesempatan Tarling kali ini, selain bersilaturahmi antara para pejabat juga disampaikan sejumlah program pemerintah Kabupaten Purbalingga kepada masyarakat.

Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Brakas merupakan salah satu desa yang mendapat perhatian khusus karena tingginya tingkat kemiskinan. Oleh karena itu tahun 2018 ini, Pemkab Purbalingga mencatut Desa Brakas sebagai salah satu desa penerima Bantuan Keuangan Khusus (BKK).

“Khusus untuk Desa Brakas, tahun 2018 ini kami juga memberikan Bantuan Keuangan Khusus sebesar Rp 100 juta untuk warga masyarakat. Karena Desa Brakas ini termasuk salah satu dari 45 desa zona merah dengan kemiskinan tinggi di Purbalingga,” kata Wabup Tiwi.

Bantuan Keuangan Khusus itu, kata Tiwi bisa digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat. Selain itu juga digunakan untuk kegiatan lain dalam rangka mestimulasi peningkatan perekonomian masyarakat. “Harapannya agar kemiskinan di Desa Brakas ini lambat laun bisa turun,” imbuhnya.

Sementara itu khusus untuk kecamatan Karanganyar sendiri, Pemkab Purbalingga tahun ini mengalokasi anggaran pembangunan hampir Rp 3 miliar. Beberapa kegiatan fisik yang menonjol diantaranya peningkatan bangunan dan saluran irigasi Bungkanel sebesar Rp 875,49 juta, peningkatan bangunan dan saluran irigasi Ponjen sebesar Rp 777,85 juta serta peningkatan bangunan dan saluran irigasi Bulan sebesar Rp 250,69 juta.

Selain memberikan informasi pembangunan, wabup juga mengingatkan akan adanya pesta demokrasi dalam waktu dekat ini, yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Masyarakat/jamaah diminta agar turut berpartisipasi dan turut mensukseskan, baik sukses secara yuridis, filosofis, sosiologis, administratif teknis dan sukses sekuriti.

Sementara itu Camat Karanganyar, Paimin SPd SIP SE menyambut baik kedatangan Rombongan Tim 2 Tarling yang dipimpin oleh Wabup Tiwi. Ia juga menginformasikan, di Kecamatan Karanganyar juga menyelenggarakan Tarling tingkat antar desa.

“Dalam rangka meramaikan dan mendekatkan hubungan Forkopimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan,red) dengan masyarakat Karanganyar kami juga menyelenggarakan Tarling sebanyak 13 desa akan kami kunjungi. Saat ini sudah 5 desa,” katanya.

Adapun yang mengikuti rombongan Tarling Tim 2 ini diantaranya, perwakilan anggota DPRD, Polres Purbalingga, Lanud Jenderal Besar Soedirman, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Batalyon 406/Candra Kusuma, beberapa lembaga vertikal, BUMD, BUMN, UP3AD Jateng, PMI, Baznas, serta Asisten Sekda, Staf Ahli bupati dan kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Purbalingga. Hadir juga Ketua Yayasan An-Nur Panti Rehabilitasi Jiwa dan Narkoba, KH Supono Mustajab.

Masing-masing instansi yang ikut dalam Tarling, memberikan bingkisan kepada pihak imam dan takmir masjid, termasuk pemberian 1 unit genset. Sementara dari Baznas Kabupaten Purbalingga menyalurkan uang kehormatan untuk guru Madrasah Diniyah (madin) dan imam masjid di Desa Brakas. (Gn/Humas)

Facebook Comments
Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here