Salah satu APK milik caleg dicopot paksa oleh petugas gabungan

PurbalinggaNews – Setidaknya ditemukan 102 Alat Peraga Kampanye (APK)di Kecamatan Kutasari yang telah ditertibklan oleh petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dari seluruh desa yang ditertibkan, hampir di setiap desa ada APK yang dipasang melanggar aturan.

“Ada satu desa yang tidak ditemukan pelanggaran APK di Kecamatan Kutasari yakni Desa Karangaren,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Purbalingga, Setiawati saat dihubungi, Jumat (11/1).

Terkait regulasi pemasangan APK sendiri sudah disosialisasikan, namun masih saja ditemukan pemasangan APK di tempat yang salah. Karena biasanya yang melakukan pemasangan APK adalah orang suruhan dari para calon legislatif (caleg) yang tidak mengetahui regulasi pemasangan APK.

“Tempat-tempat mana yang boleh dipasang dan tempat-tempat mana yang dilarang untuk pemasangan APK itu kan orang suruhan tidak semua tahu,” ujar Setiawati.

Regulasi terkait pemasangan APK sendiri ada di UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Perbawaslu Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 28 Tahun 2018 tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Selanjutnya, PKPU  nomor 33 tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Komisi Pemilihan Umum nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum dan Peraturan Daerah nomor 9 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Kabupaten Purbalingga.

“Terakhir Peraturan Bupati nomor 66 Tahun 2018 tentang Pengaturan Fasilitas Umum sebagai Lokasi Kampanye dan Pemasangan Bahan Kampanye serta Alat Peraga Kampanye pada Pemilihan Umum Tahun 2019,” tambahnya.

Ia berpesan kepada para caleg untuk mempelajari regulasi tersebut, sehingga tidak ada lagi pemasangan APK yang salah. Terkait APK yang sudah ditertibkan silahkan bisa diambil di Kantor Panwascam setempat.

“Dan jikalau mau dipasang lagi silahkan di pasang di tempat yang semestinya,” tegas Setiawati.

Ia pun menghimbau kepada Partai Politik (Parpol) ataupun caleg yang akan memasang APK dan membagi bahan kampanye untuk berkoordinasi dengan Panwascam terdekat. Agar pemasangan APK baik dari Parpol maupun Caleg dapat dipasang sesuai dengan aturan yang ada.

“Jajaran pengawas pemilu terbuka untuk berkonsultasi terkait aturan pemasangan APK,” pungkasnya. (PI-7)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here