PurbalinggaNews – SMP Negeri 1 Mrebet, Purbalingga satu-satunya sekolah dari Kabupaten Purbalingga yang mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah tahun 2020. Informasi tersebut diumumkan melalui Surat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah Nomor 660.1/2012 tentang Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020.

“Untuk acara penyerahan penghargaan berlangsung secara virtual melalui akun YouTube DLHK Jawa Tengah, Selasa (8/9) pukul 09.00,” kata Kepala SMP N 1 Mrebet, Bambang Riyadiyanto saat dihubungi, Selasa (8/9).

Meskipun belum meraih yang terbaik di tingkat Provinsi tapi ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Keluarga Besar SMP N 1 Mrebet. Hasil dari kerja keras seluruh pihak, SMP N 1 Mrebet mampu meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Ini adalah perjuangan dan keuletan semua warga sekolah yang selama kurang lebih tiga tahun merintis menjadi Sekolah Adiwiyata,” ujarnya.

Ia berharap tidak hanya untuk menghadapi lomba semata, tapi program Sekolah Adiwiyata dapat trus berkelanjutan. Program Adiwiyata digulirkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Program Adiwiyata juga bertujuan menciptakan lingkungan sekolah sebagai tempat pembelajaran yang nyaman bagi warga sekolah baik guru maupun siswa,” terang Bambang.

Lomba Sekolah Adiwiyata dilaksanakan secara berjenjang yakni untuk SMP N 1 Mrebet sendiri adalah Juara 1 Sekolah Adiwiyata kategori SMP/MTs tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2018. Dan kemudian diajukan ke tingkat provinsi untuk mengikuti Lomba Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi.

“Ini hasil kerja keras bersama, semoga SMP N 1 Mrebet dengan gelarnya sekolah adiwiyata bisa tetap dijaga lingkungannya agar tetap bersih dan memberikan kenyamanan pada proses belajar mengajar,” ungkapnya.

Hayah, Koordinator Tim Adiwiyata SMP N 1 Mrebet mengungkapkan dari Kabupaten Purbalingga jenjang SD, SMP/MTs, dan SMA/SMK yang maju ke penilaian tingkat Provinsi di tahun 2020 ini ada empat sekolah. Namun hanya satu yang berhasil meraih penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata yakni SMP N 1 Mrebet.

“Mendapat kabar masuk Adiwiyata tingkat provinsi membuat kami senang dan terdorong untuk terus mewujudkan sekolah yang yang tidak hanya hijau dan rindang tapi bagaimana program dan aktivitas pendidikan mengarah kepada kesadaran dan kearifan terhadap lingkungan hidup,” kata Hayah. (PI-7)