PurbalinggaNews – Ribuan anak mulai dari kelompok bermain, pendidikan usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) serta para pendidiknya Se-Kabupaten Purbalingga memeriahkan lomba Ajang Kreatifitas Anak Usia dini Tingkat Kabupaten Purbalingga Tahun 2015 di Taman Rekreasi Purbasari Pancuran Mas Desa Purbayasa Kecamatan Padamara Purbalingga, Selasa (5/5/2015).

“Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun, dan dilaksakan secara berjenjang di masing-masing  kecamatan. Dan pada hari  ini dilakukan untuk tingkat kabupaten bekerjasama dengan Himpaudi dan IGTKI Kabupaten Purbalingga serta pemenanganya akan diikutkan mewakili kabupaten Purbalingga pada lomba yang sama di provinsi,”terang  Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan Setyadi saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan tersebut yang dibuka oleh Bupati Purbalingga dan dihadiri Ketua DPRD, pejabat Pemkab, serta Camat se-Kabupaten Purbalingga.

Sedangkan pelaksanaan lomba untuk tingkat provinsi, sambungnya di Kabupaten Purworejo dan waktu pelaksanaan rencananya pada Bulan Mei mendatang.

“ Sehingga waktu yang mepet ini diharapkan  semuanya mepersiapkan dengan baik. Dan kegiatan tahun ini untuk tingkat kabupaten diikuti peserta dari tingkat TK dan PAUD se-Purbalingga. Sedangkan lomba yang dilaksanakan adalah menyanyi lagui wajib, mendongeng, gerak lagu bercerita dan lain sebagainya. Peserta  jumlahnya delapan ribu orang, terdiri dari siswa dan tenaga pendidik PAUD serta TK  se-Kabupaten Purbalingga,”jelasnya.

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto dalam sambutannya mengatakan, bahwa ajang kreatifitas tersebut merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari pembentukan karakter anak.

“Ajang kreatifitas yang kita laksanakan hari ini merupakan suatu kegiata yang tidak bisa kita lepaskan dari pembentukan karakter anak. Ajang ini bisa membantu anak bersosialisasi dengan kawannya serta mengajarkan kepada anak untuk menemukan potensi yang ada pada dirinya,”katanya.

Menurutnya, hadiah tidak penting, akan tetapi yang terpenting adalah hal tersebut bisa menumbuhkan semangat untuk belajar, serta menerima perbedaan satu denagn lainya.

“Kegiatan ini yang mengemban visi serta misi yang penting dan strategis. Selain itu juga  agar menumbuhkan kesadaran seluruh komponen masyarakat,  bahwa pendidikan usia dini maupun TK sangat penting untuk membentuk karakter anak, sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Karena pada usia inilah, karakter anak mulai berkembang,”tuturnya.

Bupati menambahkan, bahwa anak-anak perlu dibekali dengan keimanan, kepribadian, kecerdasan dan ketrampilan, jiwa serta semangat kebangsaan juga kesegaran jasmani.

“Hal tersebut, agar anak-anak  dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,”katanya. (Sukiman)