Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi foto bersama Pengurus KNPI periode 2020 - 2023

Purbalingganews – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menungkapkan Kabupaten Purbalingga butuh peran pemuda. Pemuda bukan hanya menjadi objek pembangunan namun subjek pembangunan yang membawa kemajuan suatu daerah. Hal itu diungkapkan Bupati Tiwi saat memberikan sambutan pada acara Pelantikan Ketua dan Pengurus KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Purbalingga periode 2020 – 2023 di Pendopo Dipokusumo, Sabtu sore (10/2).

“Ada beberapa permasalahan  yang harus kita selesaikan bersama,  salah satunya pembangunan sumber daya manusia dan ini membutuhkan peran pemuda yang ada di Kabupaten Purbalingga, ” katanya.

Pemerintah juga akan mendukung penuh kegiatan kepemudaan. Bupati berpesan kepada pengurus KNPI yang baru untuk menjadi cerminan pemuda yang dapat memberikan contoh perilaku baik atau positive influencer kepada masyarakat. “Kita juga dihadapkan pada masalah degradasi moral, banyak pemuda sekarang terjerumus pegaulan bebas,  penyalahgunaan narkoba,  dan paham radikal. Pemuda Purbalingga diharapkan lebih peka terhadap permasalahan tersebut dan berkontribusi memberikan usulan serta ide segarnya untuk menemukan solusi terbaik,” pesannya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Purbalingga periode 2020-2023, Dhimas Agung Ramadhan mengatakan KNPI menggambil peran sebagai fasilitator. Seperti pemerintah yang hadir di tengah masyarakat, KNPI juga harus hadir di tengah pemuda.

Ia mengatakan karakter pemuda terus berubah dari era baby boomers sampai era milenial saat ini.  Tantangan bagi pemuda pun semakin beragam sejalan dengan arus kemajuan teknologi. Karena itu, KNPI Purbalingga harus cepat dalam beradaptasi, membangun sinergitas dan kolaborasi. “Kami membawa beberapa filosofi dalam kepengurusan yaitu filosofi banteng, banteng akan terlihat lemah jika sendirian namun kuat jika bersama jadi kita bekerja sama,  beringin memiliki sifat membimbing dan mengayomi serta matahari yang selalu membawa semangat dan jiwa optimisme bagi para pemuda. Kami mohon bimbingannya”, katanya.

Sekjen DPD KNPI Jawa Tengah, Mustafid mengatakan pada Rakernas lalu, ada yang menjadi poin utama yaitu KNPI jangan hanya berorientasi politik maupun menjadi kepala daerah karena kuotanya pun terbatas namun lebih ke bidang kewirausahaan. “Kedepan program program kewirausahaan akan lebih ditekankan. Selamat dan sukses ketua dan pengurus KNPI Purbalingga yang baru. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik, ” pungkasnya. (PI-6)

Facebook Comments
Like