Pelatihan MC, salah satu yang dilakukan Dinarpus dalam rangka transformasi perpustakaan.

PurbalinggaNews – Dalam rangka melakukan kegiatan transformasi perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Purbalingga menggerakan Perpustakaan Desa (Perpusdes) dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) untuk menggelar beragam kegiatan. Jadi, perpustakaan tidak hanya melayani masyarakat dengan menyediakan buku bacaan melainkan mengadakan kegiatan yang bisa menarik minat masyarakat.

“Tidak hanya dengan membaca saja tetapi untuk menarik minat diadakanlah kegiatan-kegiatan di perpustakaan supaya mereka mau berkunjung ke perpustakaan seperti pelatihan membuat kerajinan tangan, fotografi, membuat website dan sebagainya,” kata Sekretaris Dinarpus Kabupaten Purbalingga, Jiah Palupi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/11).

Diharapkan, nantinya perpustakaan yang ada dapat menjadi pusat belajar dan pusat berkegiatan masyarakat sebagai salah satu upaya promosi perpustakaan. Selain itu, perpustakaan yang ada di Kabupaten Purbalingga nantinya dapat bebasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Kegiatan transformasi perpustakaan ini juga dibantu oleh APBD Kabupaten Purbalingga,” ujarnya.

Salah satu kegiatan transformasi Perpustakaan yakni dengan melakukan pelatiahan di Perpusdes maupun TBM di Kabupaten Purbalingga yang saat ini telah bermitra dengan Perpuseru. Pelatihannya sendiri merupakan usulan dari Perpusdes/TBM yang telah dimusyawarahkan terlebih dahulu antara pengelola Perpusdes/TBM, Kepala Desa (Kades) dan TP PKK.

“Mereka ini memusyawarahkan akan mengadakan pelatihan apa, nanti diusulkan ke kami (Dinarpus, Red) dan untuk narasumbernya kerjasama dengan Dinkop UKM Kabupaten Purbalingga,” terang Jiah.

Sampai saat ini, sudah ada 16 desa di Kabupaten Purbalingga yang mengikuti berbagai pelatihan dari Dinarpus kabupaten Purbalingga. Dari 16 desa tersebut, pelatihan dipusatkan di Perpusdes maupun TBM yang menjadi mitra Perpuseru.

“Rata-rata setiap desa itu kami berikan empat pelatihan yang berbeda,” tambahnya.

Ia menjelaskan 16 desa yang diberikan pelatihan terdiri dari 13 Perpusdes dan tiga TBM di Kabupaten Purbalingga yang telah menjadi mitra Yayasan Perpuseru. Jiah mengimbuhkan 16 Perpusdes/TBM ini selain mendapatkan pelatihan nantinya akan mendapatkan bantuan komputer dari Perpusertu.

“Tahun 2017 dapat bantuan tiga unit komputer ditambah dengan aplikasi kunang-kunang untuk melihat apa yang diakses oleh pengunjung Perpustakaan ketika mengakses internet kemudian Tahun 2018 mendapatkan bantuan dua unit komputer,” jelas Jiah. (PI-7)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here