Seorang bidan melakukan KB Implan di Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) Desa Rajawana, Kamis (10/10/2019).

PurbalinggaNews – Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Karangmoncol menggelar KB Implan Gratis. KB tersebut dalam rangka mendukung kegiatan Tentara Manunggal Masyarakat Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III tahun 2019 yakni kegiatan non fisik.

Koordinator PLKB Kecamatan Karangmoncol, Ibnu Wibowo mengatakan ada 14 peserta yang mengikuti KB Implan Gratis. 11 peserta dilakukan pelayanan pada Kamis ini (10/10), sisanya akan dilakukan bulan depan. Hal tersebut dikarenakan setelah dilakukan pemeriksaan ternyata ke 3 peserta telah melakukan KB Suntik.

“Kalau dipaksanakan dilakukan pemasanan pada hari ini, dikhawatirkan terjadi kelebihan hormon progesteron, yang dikemungkinan tidak baik untuk tubuhnya,” kata Ibnu saat pelaksanaan KB Implan di Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) Desa Rajawana, Kamis (10/10/2019).

Sedangkan Sekretaris Kecamatan Karangmoncol, Sapto Suhardiyo mengatakan program KB sangat penting dalam mendukung pembangunan secara keseluruhan. Program KB bukan hanya untuk menekan pertumbuhan penduduk, namun untuk menyelamatkan para ibu. Untuk mensukseskannya diperlukan dukunngan dari semua elemen masyarakat.

“ Penjarangan kelahiran diharapkan dapat meningkatkan daya dukung SDM dalam pembangunan. Yakni pemenuhan kebutuhan masyarakat terkait pendidikan, kesehatan dan lapangan kerja serta kebutuhan lainnya,” katanya.

Salah satu peserta KB Implan, Nasihatun Khasanah (24 th), yang telah dikaruniai satu orang anak berumur 2 tahun mengatakan sangat senang adanya program KB Implan tersebut. Nasihatun menceritakan sebelum KB Implan, Dia telah menggunakan KB IUD, namun satu bulan terakhir mengalami masalah sehingga sama dokter KB IUD harus dicopot.

“ Alhamdulillah dengan adanya KB Implan saya telah mantap menggunakannya. Dengan KB saya berharap bisa memberikan perhatian lebih kepada anak saya,” katanya.(*)

Facebook Comments
Like