Manajer Pelayanan Pasien RSUD Goetheng Taroenadibrata Purbalingga dr. Diny Rachma Putri Handini saat dialog di Radio Gema Soedirman, Komplek Kelurahan Bojong Purbalingga, Jum’at (22/3)

PurbalinggaNews, Guna meningkatkan pelayanan rumah sakit umum daerah (RSUD) Goetheng Taroenadibratha Purbalingga pertengahan tahun 2019 akan meluncurkan program klinik Geriyatrik. Klinik ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima khususnya bagi pasien dengan umur diatas 70 tahun dan mempunyai 2 diagnosa.

Hal tersebut disampaikan Manajer Pelayanan Pasien RSUD Goetheng Taroenadibrata Purbalingga dr. Diny Rachma Putri Handini  saat dialog di Radio Gema Soedirman, Komplek Kelurahan Bojong Purbalingga, Jum’at (22/3). Diny mengatakan klinik geriyatrik merupakan salah satu program unggulan RSUD Geotheng.

“ Kita akan melakukan pelayanan fast track pada klinik geriyatrik, dimana pasien akan mendapatkan nomor antrian khusus. Kemudian ada kemudahan sejak pendaftaran, pemeriksaan dan pemberian obat. Harapan kedepan RSUD mempunyai bangsal khusus gariyatrik seperti RSUD Karyadi, RSUD Margono,” katanya.

Selain itu menurut Dyni, RSUD juga punya program unggulan lainnya seperti Klinik Sehat Tanpa Dinding. Program tersebut merupakan programnya direkorat kesehatan dengan melakukan  pendekatan pelayanan secara komperhensif, promotif, kuratif dan rehabilitatif.

“Refleksinya rumah sakit dapat memberikan pemeriksaan secara sukarela dan perawatan dan pengobatan pasien diluar rumah sakit. Seperti di Puskesmas Karangjambu, Rembang, Kutasari dan Bukateja, yang mana puskesmas tersebut jauh dari jangkauan RSUD,” katanya

Dalam kegiatan tersebut lanjut Dyni, RSUD bekerjasama dengan Klinik Obstetri dan Ginekologi (Obgyn), dimana RSUD mempunyai 3 dokter spesialis Obgyn. 3 Dokter spesialis secara rutin bergantian sehingga tidak mengganggu pelayanan di RSUD. Jadwal Pemeriksaan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Purbalingga. Salah satu tujuannya untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak.

“ Program ini sudah lana berjalan, selain kerjasama dengan dokter Obgyn, kita juga mendatangkan dokter spesialis anak. Tujuannya untuk mencegah stunting dan gizi buruk pada anak-anak,” katanya. (PI-2)

Facebook Comments
Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here