Foto: Bangunan gedung SMPN 3 Purbalingga yang megah. Bangunan yang menelan biaya APBD 2 Purbalingga Rp 23,8 Milyard ini diresmikan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, akhir November 2018 yang lalu. Sebelumnya, SMPN 3 Purbalingga berlokasi di Jl DI Panjaitan, belakang kantor Pemda Purbalingga. Mengingat di lokasi lama terasa sempit, sehingga Pemkab Purbalingga merelokasi di lokasi baru Jl. Kopral Tanwir No 10 Purbalingga.

PurbalinggaNews – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 43, SMP Negeri 3 Purbalingga akan menggelar jalan sehat dan pengajian.Untuk jalan sehat akan digelar Minggu (17/11/2019), mulai jam 06.00 WIB, diikuti sekitar 3000 peserta. Sedangkan pengajian, akan digelar Senin (18/11/2019) pagi mulai jam 09.00 WIB di SMPN 3 Purbalingga, menghadirkan budayawan dan pegiat sejarah Purbalingga, Agus Sukoco, yang juga alumni SMPP Negeri 3 Purbalingga.

Kepala SMP Negeri 3 Purbalingga, Subarno, S.Pd ketika dihubungi Jumat (15/11/2019) mengemukakan, memperingati HUT  ke 43, SMP Negeri 3 Purbalingga menggelar tiga kegiatan. Pertama, bantuan air bersih ke daerah-daerah yang kesulitan air bersih pada musim kemarau baru-baru ini. Kegiatan ini sudah berjalan, yang melibatkan alumni  dan jajaran dewan guru, siswa dan karyawan SMP N 3 Purbalingga. “Ada 43 tangki air bersih yang kami sumbangkan,” ujar Subarno.

Kegiatan kedua, yakni jalan sehat, yang akan menempuh rute sepanjang kurang lebih empat km. Yakni start dari halaman SMPN 3 Purbalingga di Jalan Kopral Tanwir No 10, kemudian ke timur melewati tugu knalpot, Jl. Mayjen DI Panjaitan, melewati eks bangunan SMPN 3 Purbalingga, lalu belok kiri Pasar Mandiri, Jl. Ketuhu, kembali melewati tugu knalpot dan finish di SMPN 3 Purbalingga.

Kegiatan jalan sehat ditargetkan akan diikuti 3000 peserta, terdiri para siswa, alumni dari semua angkatan, 20 SD di sekitar SMPN 3 Purbalingga, dan keluarga besar guru serta karyawan SMPN  3 Purbalingga. “Ada banyak door prize yang kami sediakan. Kami mengucapkan terima kasih kepada alumni, yang telah nyengkuyung acara ini. Kami berharap, acara ini berlangsung meriah,” ujar Subarno.

Dijadwalkan, jalan sehat ini akan dihadiri Bupati   Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, SE B.Econ, MM, dan Ketua DPRD Purbalingga R Bambang Irawan, SH. Bambang Irawan juga alumni SMPN 3 Purbalingga tahun 1991, dan selalu mensuport berbagai kegiatan yang diadakan SMPN 3 Purbalingga.

Kegiatan ketiga, pada hari Senin pagi (18/11/2019) akan digelar  pengajian, menghadirkan budayawan dan pegiat sejarah Purbalingga, Agus Sukoco. Dalam pengajian yang akan dihadiri keluarga besar SMPN 3 Purbalingga dan alumni dari berbagai lintas angkatan ini, akan diselingi penampilan musik dari  Kelompok Musik Kontemporer Ki Ageng Juguran (KAJ) yang dikomandani Agus Sukoco.

KAJ belakangan sering diundang dalam berbagai kesempatan di Purbalingga, dan penampilannya selalu dinanti oleh masyarakat.

Agus Sukoco dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan kita harus saling menghormati tidak hanya kepada sesama manusia tetapi juga kepada seluruh ciptaan Allah, termasuk hewan dan benda yang ada di sekitar kita. “Karena Allah menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya. Tidak boleh kita membenci atau menganggap remeh orang lain hanya karena perbedaan yang dimiliki,” ujarnya.

Kepada generasi muda, Agus Sukoco berpesan,  harus belajar sejarah agar dapat menjadi lebih maju. “Dengan memahami sejarah, termasuk sejarah lokal Purbalingga,  kita banyak belajar hal-hal positif seperti persatuan dan kesatuan bangsa,” pesannya. (PI-7)

Facebook Comments
Like