Ketua DPRD Purbalingga, Tongat saat Melakukan Pemantauan Pelaksanaan Pemilu Serentak di Purbalingga

PurbalinggaNews– Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 di Kabupaten Purbalingga berjalan aman dan lancer serta tidak ditemui kendala maupun friksi di tengah masyarakat. Hal tersebut didapat saat Tim II pemantau Pemilu dari Kabupaten Purbalingga berkeliling ke 9 Kecamatan yang ada di Purbalingga, Rabu (17/4). Tim II tersebut beranggotakan berbagai unsur dan dikomandoi oleh Ketua DPRD Purbalingga, Tongat.

Destinasi pertama Tim II  menuju Desa Panican Kecamatan Kemangkon tepatnya di TPS 8. Pada pukul 9.40 WIB, jumlah partisipan Pemilu yang menggunakan hak suaranya sebanyak 96 orang dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 205 orang. Ketua DPRD Tongat dalam kesempatan itu berpesan kepada pemilih untuk berhati-hati dalam mencoblos dan jangan sampai suara mereka tergolong tidak sah.

“Hati-hati ya. Kartu suara dibuka sempurna dan cari calon atau Partai yang akan dicoblos. Jangan sampai suaranya nanti tidak sah,” kata Tongat.

Tujuan kedua dari tim tersebut adalah TPS 4 Desa Kebutuh Kecamatan Bukateja. Pada pukul 10.05 WIB, sebanyak 119 orang telah menggunakan hak suaranya dari DPT sebanyak 239. Selanjutnya rombongan menuju ke Desa Pandansari Kecamatan Kejobong. Pada pukul 10.25 WIB, terpantau ada 95 pemilih yang telah mencoblos dari DPT total 290.

Lalu, rombongan menuju TPS 6 Desa Penolih Kecamatan Kaligondang. Pada pukul 10.40 tercatat sudah 129 orang mencoblos dari DPT 284 orang. Disana Tongat mengapresiasi seluruh pihak yang telah mempersiapkan gelaran Pemilu sehingga Pemilu bisa berjalan dengan lancer. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras mempersiapkan semuanya sehingga Pemilu berjalan sesuai dengan tahapan dan saya juga tanyai petugas pengawas tidak ditemukan pelanggaran,” ujarnya.

Di lokasi keenam yaitu TPS 1 Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan, sebanyak 162 mencoblos dari total DPT 220 pada pukul 11.12 WIB. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju TPS 6 Desa Wanogara Wetan. Dari total DPT 275, 167 telah menggunakan hak suaranya sampai dengan pukul 11.37 WIB. Kemudian, di Desa Karangsari Kecamatan Karangmoncol, sebanyak 181 dari DPT 274 telah hadir di TPS 2 Desa tersebut dan menyalurkan hak suaranya.

Di TPS 9 Desa Karangtengah Kecamatan Kertanegara, sebanyak 173 orang telah mencoblos dari DPT sejumlah 267 pada pukul 12.10 WIB. Tujuan terakhir dari Tim II pemantau Pemilu adalah TPS 9 Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar. Pada pukul 12.26 WIB, sebanyak 187 orang telah memilih dari DPT berjumlah 223 orang. Hingga berita ini diturunkan, belum ada hasil perhitungan suara. Selain Tim II, ada juga Tim I yang dipimpin Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) yang rutenya berbeda dengan Tim II.

Bupati Dyah H Pratiwi menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Purbalingga yang telah ikut berkontribusi berpartisipasi dalam kegiatan pemilu serentak  pesta demokrasi 2019. Hal itu menurutnya sudah membuktikan bahwa masyarakat mampu mewujudkan pemilu yang aman, damai, kondusif berintegritas dan bermartabat di Purbalingga. “Mudah-mudahan ini menjadi keberkahan untuk kita semua,” tambahnya.

Sementara terkait keamanan, Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman SH SIK MH mengatakan bahwa seluruh pengamanan yang dilakukan TNI POLRI yang telah dipersiapkan sejak kemarin sudah siaga di tempatnya masing-masing. Kekuatan personil pengamanan dari POLRES Purbalingga berjumlah 731 personil dan dibantu dari TNI 315 personil. Dirinya menegaskan sampai saat ini tidak ada satupun gejolak atau pengerahan massa atau hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Ini menandakan bahwa cara berdemokrasi masyarakat Purbalingga sudah sangat dewasa dan saya berterima kasih kepada ibu Bupati, pak Dandim dan seluruh stakeholder serta para tokoh masyarakat yang ada di Purbalingga atas dukunganya kepada POLRI dalam rangka menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif,” kata Kholilur.

 

(KP-4)

Facebook Comments
Like