SE terkait Libur Nasional dalam Rangka Pemilu tanggal 17 April 2019

PurbalinggaNews – Dalam rangka pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden serta calon legislatif yang jatuh pada Rabu (17/4) mendatang, Pemerintah Kabupaten Purbalingga mengeliarkan Surat Edaran (SE) terkait Hari Libur Nasional pada tanggal 17 April 2019. SE tersebut berdasarkan pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan UU nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 182, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6109).

“Kemudian penetapan hari libur nasional ini juga berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 10 Tahun 2019 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga, Wahyu Kontardi dalam SE Nomor 800/3663 tanggal 11 April 2019 tentang Hari Libur Nasional pada tanggal 17 April 2019.

Selanjutnya darsar dari SE Hari Libur Nasional juga didasari pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 32 Tahun 2018. Ditambah Keputusan Republik Indonesia tersebut diatas telah ditetapkan pada hari Rabu (17/4) dinyatakan sebagai Hari Libur Nasional dalam rangka Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019.

SE tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ikut berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2019. Hal ini agar para ASN dapat menyampaikan hak pilihnya pada Pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden serta Calon Legislatif.

“Sehingga besok Rabu (17/4) ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional,” tegas Wahyu.

Ia mengimbau agar para ASN di lingkungan Pemkab Purbalingga dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik sesuai dengan hati nurani. Hari libur ini menurutnya menjadi kesempatan yang baik bagi ASN untuk dapat meluangkan waktunya memilih terlebih bagi mereka ang berdomisili di luar Purbalingga.

“Para ASN yang tempat tinggalnya di Banjarnegara, Banyumas atau wilayah lain tidak akan mengalami kesulitan, jadi nantinya ASN yang berada di luar daerah juga dapat berpartisipasi aktif melaksanakan hak pilihnya,” ujarnya.

ASN di lingkungan Pemkab Purbalingga diharapkan juga dapat mensosialisasikan kepada keluarga dan masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk menggunakan hak suaranya dalam Pilpres dan Pemilihan Calon Legislatif Tahun 2019. Karena suara ASN ini nantinya akan menentukan masa depan pemerintahan selama lima tahun ke depan.

“Jangan sampai ASN dan masyarakat tidak ikut menggunakan hak pilihnya, karena ini akan menentukan nasib pemerintahan dan bangsa selama lima tahun mendatang,” imbau Wahyu.

Ia juga berpesan bagi Unit Kerja Perangkat Daerah atau Satuan Kerja Organisasi (SKO) yang berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat untuk dapat diatur penugasan pegawainya. Unit kerja dimaksud antara lain Rumah Sakit, Puskesmas, PDAM, Pemadam Kebakaran, Keamanan dan Ketertiban, Perbankan, Perhubungan dan unit pelayanan lain yang sejenis.

“Pimpinan unit atau satuan kerja yang bersangkutan agar mengatur penugasan pegawai pada hari libur dimaksud sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan optimal dan petugas layanan masyarakat tetap dapat menggunakan hak pilihnya,” pungkasnya. (PI-7)

Facebook Comments
Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here