PurbalinggaNews – Inovasi program Tuka Tuku yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga menuai apresiasi dari daerah tetangga. Program pemasaran produk UMKM secara on line yang bekerjasama dengan PT Bukalapak tersebut akan diadopsi oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

“Kami ingin mengadopsi konsep pemasaran online dalam memberdayakan UMKM yang dilakukan Pemkab Purbalingga,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk Agus Subagyo saat diterima di Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo Purbalingga, Rabu (20/11).

Menurut Agus era saat ini merupakan era digital dan mau tidak mau pelaku UMKM juga harus cepat beradaptasi. “Ini untuk menjawab tantangan zaman bagi para pelaku UMKM dalam menghadapi persaingan global,” imbuhnya.

Agus menambahkan Kabupaten Nganjuk memiliki kondisi yang tak jauh berbeda dengan Purbalingga baik dari sisi luas wilayah, jumlah penduduk, besaran APBD dan kondisi agroklimatnya.

“Kemudian, sama seperti di Purbalinga kami juga memiliki bupati muda yang memiliki visi memajukan UMKM agar bisa berdaya di tengah persaingan pasar digital seperti sekarang,” ujarnya.

Program Tuka Tuku dipandang merupakan inovasi yang belum dilakukan daerah lain. Pihaknya pun menginginkan adanya transfer ilmu dan pengetahuan untuk menerapkan di Nganjuk.

Sementara itu, Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Purbalingga Agus Winarno menyatakan program Tuka-Tuku memang terobosan baru yang digagas untuk menjadi daya ungkit pemasaran produk UMKM Purbalingga. “Kerjasama yang telah dilakukan dengan Buka Lapak adalah wujud keseriusan ibu Bupati agar produk UMKM Purbalingga makin dikenal dan berimbas pada kesejahteraan,” katanya saat menyambut rombongan Pemkab Nganjuk.

Agus juga menegaskan program Tuka Tuku merupakan program jangka panjang dan berkelanjutan.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabuten Purbalingga telah meluncurkan program Tuka-Tuku pada 31 Agustus 2019 lalu yang dimulai dengan penandatanganan MoU oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan Head of Public Policy and Goverment Relations PT Bukalapak Even Alex Chandra. Tuka-Tuku merupakan lapak digital terintegrasj yang memasarkan produk-produk unggulan UMKM Purbalingga.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Tuka-tuku menyediakan tenaga marketing, bantuan branding yang baik, kemasan sampai mendekatkan jasa pengiriman. “Pelaku UMKM bisa fokus ke peningkatan kualitas dan kuantitas,” ujar Kepala DinkopUKM Kabupaten Purbalingga Budi Susetyono.

Sampai saat ini sudah ada 60 item produk UMKM Purbalingga yang dipasarkan di Bukalapak. Produknya berupa makanan ringan, fashion, batik dan kerajinan.(PI-7)

Facebook Comments
Like
1