Zipline Coaster, wahana baru yang ditawarkan Owabong

PurbalinggaNews – Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) Purbalingga, Jawa Tengah menyiapkan dua wahana baru guna menyambut para wisatawan dalam musim libur lebaran nanti. Dua wahana baru itu adalah wahana penguji andrenalin Zipline Coaster dan wahana pemainan anak Kolam Busa. Kedua wahana tersebut saat ini masih dalam tahap pengerjaan sehingga sejak awal ramadhan hingga 8 Juni ini untuk sementara tutup operasional dan akan kembali buka pada 9 Juni 2018.

“Sedang kita selesaikan. Libur lebaran nanti semua sudah ready,” ujar Plt Direktur Owabong Drs. M Hartono saat mendampingi Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon melakukan pemantauan kesiapan obyek wisata menjelang lebaran 2018, Kamis (7/6).

Dikatakan Hartono, kehadiran dua wahana baru tersebut diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wistawan ke Owabong dimana tahun 2018 ini ditarget sebanyak 200 ribu pengunjung. Tahun 2017 lalu, menurut Hartono, kunjungan wisatawan ke Owabong tercapai 150 ribu pengunjung. “Intinya kami siap menyambut wisatawan. Target kami 12 -13 Juni sudah diuji coba dan pada libur lebaran sudah dapat dimanfaatkan pengunjung,” jelasnya.

Selain dua wahana baru itu, pihaknya juga menyiapkan coffee shop yang lebih representatif di komplek cotage Owabong. Bagi para pecinta kopi, dapat memanfaatkan area tersebut untuk menikmati kopi Gunung Malang sambil menikmati panorama owabong yang eksotik.

Kabid Pariwisata pada Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Ir. Prayitno, MSi menuturkan target kunjungan wisatawan ke Purbalingga pada 2018 ini diharapkan mencapai 3 Juta kunjungan. Pihaknya optimis target tersebut akan tercapai, seiring dengan penambahan dan pembenahan daya tarik wisata baru di Purbalingga. “Tahun lalu kunjungan wisatawan ke Purbalingga mencapai 2,4 juta orang,” kata Prayitno.

Pada kesempatan itu, Wabup Dyah Hayuning Pratiwi meminta managemen Owabong untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan yang berkunjung. Terkait pengoperasian dua wahana baru, Wabup Tiwi mengingatkan agar Owabong memperhatikan keamanan wahana termasuk keselamatan dan kenyamanan pengunjung.

“Masalah safety harus diperhatikan. Bukan saja untuk wahana yang baru tapi juga wahana lainnya yang sudah ada. Harapannya para pengunjung merasa aman dan nyaman dalam berwisata,” katanya.

Hal lain yang dipesankan Wabup Tiwi terkait terbatasnya lahan parkir di Owabong. Sehingga pihak Owabong diminta untuk menata dan mengatur parkir dengan masyarakat yang selama ini menyediakan lahan parkir. “Jangan sampai ada praktek-praktek premanisme yang akan menjadikan wisatawan kecewa,” katanya.

Selain ke Owabong, pantauan yang dilakukan Wakil Bupati bersama sejumlah Forkopimda dan kepala OPD diawali dengan menyambangi distributor Gas PT. Asri Jaya Raharja. Usai memantau kesiapan kebutuhan Gas, Wabup kemudian berkunjung ke perusahaan bulu mata palsu PT. Royal Korindah Purbalingga. Ditempat tersebut Wabup Tiwi memastikan managemen PT Royal Korindah membagikan THR tepat waktu.

Pantauan berikutnya dilakukan ke SPBU Gembong yang pada lebaran ini diminta Pertamina untuk kembali menyediakan Premium untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selanjutnya, pentauan jelang lebaran menuju Owabong, Puskesmas Mrebet, Pasar Bobotsari, Terminal Bobotsari, Posko Simpatik Bayeman, Posko Simpatik Surya Yudha Karangreja dan terakhir Posko Alun Alun Purbalingga.

Pemantauan juga dilakukan tim yang dipimpin Ketua DPRD Purbalingga H. Tongat SH, MM bersama forkopimda, Sekda dan pimpinan OPD lainnya. Mereka melakukan pemantauan di PT. Boyang Industrial, PT. Indokores Sahabat, Pasar Segamas, SPBU Bukateja, Puskesmas Bukateja, kemudian Terminal Bukateja, Posko Simpatik Bukateja dan PT Setyo Mulyo Santosa. (Hr/Humas)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here