PURBALINGGA – Allah akan mengangkat kedudukan orang beriman yang berilmu dibandingkan orang beriman yang tidak berilmu. Hal itu diungkapkan oleh Ustadz Subki Al Bughury dalam acara Santri Bersholawat dan Pengajian Akbar, Senin (21/10).

“Barang siapa menempuh jalan guna mencari Ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga,” ungkap Ustadz Subki mengutip Hadist Riwayat Muslim.

Ia menjelaskan malaikat yang selalu bertasbih pada waktu siang dan malam, dan tidak pernah merasa letih. Akan tetapi dia mau bersujud (memberi penghormatan/merunduk) kepada Nabi Adam, karena Nabi Adam memiliki ilmu. Sedangkan salah satu ciri orang yang berilmu adalah orang yang hanya takut kepada Allah Subhanahuwataala.

Pada pengajian ini, Ustadz Subki berpesan 2 hal kepada para santri yang hadir. Pertama, jadilah orang yang memiliki ‘prioritas’ atau platinum card untuk senantiasa bisa selalu mendapatkan pertolongan di dunia maupun di akhirat.

“Yang ahli sholat perbanyak sholat, yang ahli puasa perbanyak puasa yang ahli sedekah perbanyak sedekah. Semakin bertaqwa, semakin kita mendapatkan jalur khusus untuk menuju surganya Allah,” katanya.

Pesan yang kedua yakni, jadilah orang yang memiliki trademark (cap) positif di mata orang-orang. Sebab jika sudah memiliki cap sebagai orang baik, maka kesalahan-kesalahan akan mudah dimaafkan. Sebaliknya, orang yang sudah memiliki cap negatif akan lebih susah dipercaya orang.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menyampaikan, kegiatan pengajian akbar merupakan serangkaian kegiatan Pekan Festival Santri Kabupaten Purbalingga 2019 dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke-5. Sebelumnya telah dibuka dengan Festival Rebana/Hadroh, dilanjutkan lomba lomba lain, Senam Sehat Santri, Expo Santri dan kali ini Sholawat dan Pengajian.

“Mudah-mudahan kegiatan ini senantiasa meningkatkan keimanan kepada Allah Subhanahuwataala, silaturahmi antar santri senantiasa terjaga, sehingga inshaallah nantinya menjadi santri yang  unggul, mandiri, berdaya saing, dan santri yang cinta tanah air. Sehingga nantinya mampu meuwujudkan Purbalingga yang berahklakul karimah,” tuturnya.

Atas nama pemerintah, Bupati juga mengucapkan selamat HSN, diharapan peringatan ini menjadi penyemangat dan motiavsi seluruh santri untuk terus berbuat, berprestasi, berkarya, untuk membanggakan nama Kabupaten Purbalingga. Selain itu juga tentunya memberikan manfaat kepada daerah bangsa dan Negara.(Gn/Humas)

Facebook Comments
Like