PurbalinggaNews – Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Purbalingga pada 9 Tempat Pemungutan Suara (TPS) terpantau lancar, Minggu Kliwon (16/12/2018). Meski diguyur hujan, masyarakat terlihat antusias memberikan suaranya.

“Kami mulai dari Desa Toyareja, Kecamatan Purbalingga sekitar pukul 09.00 total suara yang masuk baru mencapai 20% dari 1870 pemilih. Berlanjut di Desa Dawuhan, Kecamatan Padamara sekitar pukul 10.30 angka partisipasi bagus mencapai 50% dari 3049 pemilih walau diguyur hujan deras masyarakat tetap berbondong-bondong datang ke TPS,” kata Wahyu Kontardi selaku Pimpinan Tim II Pantauan Pilkades Tingkat Kabupaten Purbalingga.

Sedangkan, sekitar pukul 12.30 di Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangeja yang tercatat  6693 pemilih dan Desa Purbasari, Kecamatan Karangjambu yang tercatat 4868 pemilih jumlah suara yang masuk masing-masing mencapai 70%.   Pantauan tersebut diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Purbalingga dan pimpinan para Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Purbalingga.

Ketua DPRD Purbalingga, Tongat yang juga tergabung dalam rombongan tersebut mengapresisasi penyelenggaraan Pilkades yang lancar dan aman. Ia berpesan untuk calon kepala desa siap menerima dengan lapang dada apapun hasilnya.

“Kepala Desa yang terpilih maupun yang tidak terpilih harus menjaga kondusifitas  pendukungnya. Jangan sampai ada keributan. Selain itu, ada catatan yaitu antisipasi untuk TPS saat hujan, beberapa kurang peneduh, ini akan dievaluasi,” pungkasnya. Penyelenggaran Pilkades Tingkat Kabupaten Purbalingga Tahun 2018 dilaksanakan satu kali di 184 desa dan diikuti oleh 540 calon kepala desa. (PI-6)

Facebook Comments
Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here