Eny Sulistyowati Saat Memberi Materi Kebalitbangan di Purbalingga

PurbalinggaNews- Penelitian dan Pengembangan (Litbang) bisa menjadi rujukan bagi kepala daerah untuk menentukan arah kebijakan. Hal tersebut disampaikan Eny Sulistyowati, Kabid Penelitian dan Pengkajian Balitbang Kota Magelang saat memberikan materi pada seminar “ Kelitbangan yang Berbasis Pengembangan dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” di aula wisma Tien Catering Ketuhu, Wirasana, Kamis (6/12).

 

Eny mengatakan, hasil dari Litbang bisa memberikan masukan kepada kepala daerah untuk menentukan kebijakan khususnya kepada sesuatu yang berhubungan dengan inovasi. Menurutnya, melalui penelitian dan pengembangan itu dapat mengidentifikasi masalah yang ada di daerah serta dapat memberikan pertimbangan teknis untuk langkah yang akan diambil pada suatu daerah.

 

“Litbang bisa memberikan pertimbangan teknis kepada kepala daerah untuk mengambil kebijakan khususnya pada inovasi dan pengembangan untuk berbagai sektor,” katanya.

 

Dia menambahkan, pemerintah daerah harus selalu melakukan inovasi guna keperluan kemajuan daerah itu sendiri. Melalui Litbang, pemerintah daerah bisa mengembangkan kreativitas penyelenggara daerah dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksana inovasi. Untuk itu, keberpihakan kepala daerah pada inovasi harus mendapat payung hukum berupa peraturan daerah (Perda) yang menunjang keberlangsungan Litbang.

 

“Agar inovasi tetap berjalan, kepala daerah juga harus membuat payung hukum bersama DPRD agar apa yang dilakukan para peniliti bisa terlindungi,” imbuhnya.

 

Ketika hasil dari Litbang telah ada, hasil harus dipublikasi dan dideseminasikan kepada masyarakat luas. Hal itu bukan tanpa alasan. Penyebarluasan hasil Litbang bisa meminimalisir plagiat sehingga kerjasama dengan pegiat media yang di dalamnya ada insan pers, pengelola media baik cetak maupun elektronik sangat diperlukan. Seminar tersebut diikuti kepala Sekolah SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Purbalingga.

 

‘Kita harus juga membangun hubungan baik dengan wartawan. Mereka lah yang akan mengangkat hasil penelitian kita agar sampai kepada masyarakat umum. Dengan komunitas serta pegiat media sosial juga harus baik karena kekuatan media di zaman sekarang sungguh sangat luar biasa,” pungkasnya. (KP-4)

 

Ket foto: Seminar Kelitbangan di Tien Catering Purbalingga.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here