Bupati Tiwi tengah menjajal wahana baru menuju Camping Tree di Objek Wisata Golaga, Jumat (31/5)

PurbalinggaNews – Sejumlah destinasi wisata utama kabupaten Purbalingga siap menyambut hadirnya wisatawan dengan seabreg wahana baru. Seperti di obyek wisata Owabong Water Park terdapat wahana paling gres yakni Water Splash atau wahana guyuran air bagi anak-anak. Sementara di obyek wisata Golaga atau Goa Lawa Purbalingga dengan tampilan dalam goa yang lebih keren dihias warna warni cahaya lampu dan dilengkapi Café dalam goa serta meeting room dalam goa. Kini kembali dilengkapi dengan wahana kebun binatang mini atau Interaktif Mini Zoo, Rumah Jaring, Taman Bunga, Ampitheatre untuk area konser dan terbaru adalah hadirnya wahana Camping Ground dan Camping Tree atau Glamour Camping di atas pohon cemara.

Sementara destinasi lainnya yang dikelola Perumda Owabong, yakni Sanggaluri Park juga tampil lebih fres dengan tambahan tiga wahana baru berupa Taman Jepang, Taman Kelinci dan Rumah Kucing.

“Untuk Golaga, pada H-2 lebaran penambahan wahana baru seperti Camping Tree (Glamping Camp-red), Rumah Jaring, Konser area dan Taman Bunga semua sudah siap untuk menyambut pengunjung,” jelas Manager Golaga Bambang Adi ketika menyambut kunjungan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, MM di Golaga Karangreja, Jumat pagi (31/5).

Khusus untuk Camping Tree, kata Bambang Adi yang juga Humas Perumda Owabong, untuk sementara disiapkan dua unit ukuran besar dan usai lebaran akan ditambahkan lagi sampai 20 unit camping tree.

“Mulai 1 Juni kita sudah menerapkan tiket lebaran seharga Rp 25.000. Dan pada hari H Lebaran, Golaga bisa dikunjungi mulai pukul 12.00 WIB,” katanya.

Di Owabong Water Park, rombongan Bupati Tiwi diterima langsung oleh Plt Direktur Owabong Hartono. Bupati langsung ditunjukan wahana paling baru di Owabong yakni Water Splash yang berlokasi di area kolam bebas sunami.

“Yang istimewa di Owabong, selain Water Splash kami juga punya Snorkling, dan wahana berenang bersama ikan Arapaima Gigas. Khusus wahana ini baru satu-satunya di Indonesia dimana kita bisa bersahabat dengan ikan yang terkesan ganas. Di Owabong ikan ini bisa jinak,” kata Hartono.

Wahana Water Splash, lanjut Hartono, berupa arena bermain yang menyerupai sebuah kapal, namun banyak air yang muncrat (menyembur ke atas-red). Wahana ini memang khusus untuk anak-anak.

“Kami juga kembali membuka program wisata berhadiah mobil, umroh dan sepeda motor untuk periode 1 Juni 2019 – 22 Maret 2020,” katanya.

Selama libur lebaran sejak 1 – 30 Juni 2019, pihaknya menargetkan jumlah pengunjung mencapai 320 ribu pengunjung. Jumlah itu didapatkan dari Owabong Water Park yang ditarget 170 ribu pengunjung serta Golaga dan Sanggaluri masing-masing 75 ribu pengunjung.

Melihat persiapan berbagai obyek wisata di Purbalingga, Bupati Dyah Hayuning Pratiwi mengaku pariwisata Purbalingga sudah siap dalam menyambut para pengunjung pada libur lebaran tahun ini. Bupati juga mengajak para pemudik untuk dapat berkunjung menikmati berbagai destinasi wisata yang ada di Purbalingga, karena ada banyak wahana baru yang diantaranya bahkan menjadi satu-satunya di Indonesia.

“Di Owabong ada wahana berenang bareng ikan Arapaima Gigas dan di Golaga ada Camping Tree atau Glamour Camping di atas pohon yang keduanya menjadi wahana satu-stunya di Nusantara. Semoga ini akan menarik perhatian masyarakat berkunjung ke Purbalingga,” katanya.

Menurut Tiwi, guna mendukung akses wisata, Pemkab Purbalingga juga sudah melakukan pembenahan berbagai infrastruktur jalan baik yang akan dilalui arus mudik maupun akses menuju jalur pariwisata.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Yanuar Abidin, kunjungan wisatawan ke Purbalingga secara keseluruhan ditarget lebih besar dari tahun lalu. Jika tahun lalu kunjungan wisatawan mencapai 425 ribu wisatawan, tahun ini diharapkan meningkat 25 ribu wisatawan. “Selama musim lebaran tahun ini (2019-red) kita targetkan kunjungan wisatawan ke berbagai obyek wisata di Purbalingga mencapai 450 ribu wisatawan,” jelasnya.

Dia memperkirakan, destinasi utama kabupaten Purbalingga yang bakal ramai dikunjungi wisatawan diantaranya Owabong Water Park, Golaga, Sanggaluri Park, Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas, dan D’Las Serang. Disamping itu terdapat Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman yang kini bernama Soedirman Point, Pancuran Ciblon di Bobotsari, Taman Bunga Kutabawa dan 17 destinasi Desa Wisata.

Selain memantau persiapan pariwisata, Bupati Tiwi yang didampingi sejumlah pejabat terkait juga melakukan pemantauan akses jalan dan perkembangan harga kebutuhan pokok di Pasar Rakyat Bobotsari dan Pasar Rakyat Bukateja. (Hr/humaspro)

Facebook Comments
Like