Lalang Pradistia Utama saat menjadi pemateri UU ITE

PurbalinggaNews- Di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, yang menguasai informasi lah yang akan menang. Hal tersebut disampaikan Lalang Pradistia Utama, staf Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga saat memberi materi di depan 800-an siswa SMP N 1 Purbalingga, Jum’at (1/11/2019) di lapangan basket SMP N 1 Purbalingga dalam rangka sosialisasi UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).

Lalang mengatakan, era revolusi industri 4.0 bisa dikatakan era perang informasi. Menurutnya, kecepatan informasi harus dimanfaatkan setiap orang agar mampu memberdayakan dirinya dan mengembangkan kemajuan diri.

“Revolusi industri 4.0 adalah era perang informasi. Setiap orang harus memanfaatkan keterbukaan informasi untuk mengembangkan kemajuan diri,” katanya.

Dia menambahkan, siapa pun yang menguasai informasi akan memenangkan pertempuran revolusi industri 4.0. Namun, dirinya menggaris bawahi penguasa informasi juga jangan sampai terjebak oleh berita hoax yang bisa mendestruksi tatanan dalam masyarakat.

“Jangan sampai kita terjebak pada berita bohong yang justru akan merusak tatanan masyarakat,” imbuhnya.

Dia mencontohkan carut marutnya negara-negara Timur Tengah seperti sekarang salah satu penyebabnya adalah karena hoax yang disebarkan melalui media sosial. Dirinya mewanti kepada para siswa agar berhati-hati dalam bermedia sosial karena pelanggaran serta sangsi dalam bermedia sosial telah diatur dalam dalam UU ITE no 19 tahun 2016 atas perubahan UU no 11 tahun 2008.

“Ancaman hukuman bagi penyebar hoax sampai dengan penjara tahunan dan denda milyaran rupiah. Oleh karena itu harus berhati-hati dalam menggunakan sosial media,” pungkas lelaki yang juga mahasiswa Pascasarjana di sebuah Universitas negeri itu. (KP-4).

Facebook Comments
Like