PurbalinggaNews – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purbalingga menggagas terbentuknya Satuan Karya (Saka) Jurnalis. Nantinya, Pramuka Penegak dan Pandega dapat menyalurkan minat dan mengembangkan bakat dibidang jurnalistik.

“Teman-teman jurnalis siap merintis dan membina para anggota Pramuka yang berminat pada dunia jurnalistik,” ungkap Ketua PWI Purbalingga saat ditemui di Bale Wartawan Purbalingga, Joko Santoso, Selasa, (25/8).

Ia menambahkan, di era kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, sangat penting membekali anggota pramuka dengan kemampuan dasar-dasar ‎ilmu jurnalistik, baik itu cara membuat konten dengan menulis, membuat video, dan juga teknik fotografi. Anggota Pramuka mampu memahami karakteristik dan prinsip jurnalistik seperti menguasai teknik reportase, bisa melakukan riset dan wawancara dan endingnya dapat membuat tulisan yang baik dan menyebarkan kegiatan atau peristiwa kepada masyarakat luas.

“Harus dimasifkan membuat konten-konten tentang informasi semua kegiatan pramuka, baik informasi berita tulis, foto maupun video. Kemudian mendistribusikan, menyebarkan konten-konten tentang kegiatan Pramuka melalui media massa baik cetak, online dan elektronik serta media sosial,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Joko, berkat adanya internet, jarak bukanlah menjadi penghalang bagi manusia untuk berbagi informasi. Internet berkembang sangat pesat di abad milenial ini. Diharapkan agar Pramuka memanfaatkan teknologi informasi ‎untuk kegiatan yang positif dengan cerdas dan bijaksana.

“Cerdas diartikan mampu menangkap momen kegiatan Pramuka dan menampilkan sudut pandang yang sesuai. Dan bijak berarti setiap Pramuka bisa membagi waktu kapan saatnya bersosial media dan kapan saatnya bersosialisasi di dunia nyata,” jelasnya.

Ketua Kwarcab Purbalingga, Subeno menuturkan, memang sejak awal ingin mendorong Pramuka untuk memperbanyak kegiatan menulis dan mewartakan kegiatan Pramuka yang bermanfaat untuk masyarakat. Ia mencontohkan, konten informatif dan positif selama pandemi Covid-19, yang bisa dibagikan kepada masyarakat. Termasuk, kegiatan pramuka yang sedang mengedukasi protokol kesehatan. Informasi itu penting untuk masyarakat, supaya terhindar dari Covid-19.

“Kegiatan pramuka itu banyak, ada pendidikan karakter, bela negara, kebencanaan, bersih-bersih lingkungan, penghijauan, dan ketahanan keluarga. Dengan anggota Pramuka yang pandai jurnalistik, harapannya kegiatan-kegiatan yang bagus ini dapat disebarkan kepada masyarakat luas,” tegasnya.

Ia menambahkan, Kwarcab Purbalingga terus mengedukasi penggunaan teknologi digital untuk hal-hal yang positif. Literasi digital yang bijak dalam berinternet diharapkan mampu mengubah mindset digital dari sekadar untuk bersosial menjadi lebih produktif.

“Kami sepakat semoga Saka Jurnalis dapat terbentuk. Beritakan yang baik-baik, beritakan bahwa Pramuka itu berbuat sesuatu memberikan setitik bakti bagi bangsa ini. Meskipun setitik tapi kalau bisa dilakukan setiap hari dirawat dan dipelihara akan menjadi besar,” tuturnya.

Andalan Humas Kwarcab, Mahendra Yudhi Krisnha mengungkapkan, setiap kegiatan yang diselenggarakan pasti bisa ditulis dengan bahasa yang menarik agar masyarakat mengetahui dan bahkan dapat mengedukasi.

“Harapannya Saka Jurnalis ini nantinya bisa menjadi ujung tombak pemberian seluruh informasi kegiatan kepramukaan dan menjadi bagian untuk memberikan pendidikan karakter, hal itu sekaligus membentengi generasi muda melalui kegiatan jurnalistik yang positif,” ungkapnya. (PI-7)