Plt. Bupati Tiwi saat mencoba menaiki jeep di Sungai Klawing usai mengibarkan bendera start dimulainya Klawing playon sonten di daerah aliran sungai (DAS) sungai Klawing Bancar Purbalingga, Sabtu (6/10).

PurbalinggaNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga berencana angkat potensi wisata Kali Klawing menjadi salah satu destinasi wisata di malam hari pada tahun 2019. Pihak Pemkab telah berkonsultasi dengan konsultan pariwisata dan telah mempunyai gambaran memaksimalkan potensi Kali Klawing untuk dijadikan pusat kuliner di pinggir sungai.

“Rencananya, akan ada pusat kuliner di pinggir Kali Klawing dengan dilengkapi lampu-lampu yang cantik sehingga menjadi salahsatu destinasi wisata malam, karena di Purbalingga memang belum memiliki pusat kuliner di malam hari,” kata Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM usai mengibarkan bendera start dimulainya Klawing playon sonten di daerah aliran sungai (DAS) sungai Klawing Bancar Purbalingga, Sabtu (06/10).

Plt. Bupati Tiwi katakan, Kali Klawing di Purbalingga adalah salah satu anugerah luar biasa dengan keindahan alamnya maka haruslah didayagunakan dan dimaksimalkan potensinya agar mendatangkan pemberdayaan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pada tahun 2019, kita berencana agar sungai Klawing menjadi destinasi wisata pinggir sungai /seperti yang dikembangkan di sungai Clarke Quay Singapura dan juga sungai Musi Palembang dibawah jembatan amperanya. Disana dipinggir sungainya ada wisata-wisata kuliner, dan kita ingin seperti itu,” katanya.

Saat memberikan sambutannya, Plt. Bupati Tiwi sampaikan apresiasi kepada komunitas pinggir sungai Klawing yang menginisiasi kegiatan Klawing playon sonten yang baru pertama kali diadakan di Purbalingga. Dirinya menyambut baik karena kegiatan ini tentunya  untuk memasyarakatkan olahraga khususnya lari sore hari, dan juga menjalin silaturahmi para komunitas runner yang ada di Purbalingga sekaligus promosi wisata sungai Klawing.

Untuk kategori umum putra, diraih Ranto dari Banyumas runner sebagai juara 1, juara 2 Tribus dan juara 3 Kondarus, keduanya dari Kota Salatiga. Sedangkan umum putri juara pertama Tria Rustanti dari Lamongan Kaligondang yang merupakan siswi SMP Negeri 4 Purbalingga, juara kedua Martsya Ridha Nabila dari Grecol Kalimanah dan juara ketiga Febriyan Rizki Fadhilah dari SMKN 1 Mandiraja Banjarnegara. (t/ humas)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here