Bayu Darmawan saat menjadi pembicara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Usaha Koperasi Berbasis Online. Bimtek yang diikuti 60 peserta dilaksanakan di Gedung Graha Adiguna (OR) komplek Pendopo Dipokusukmo Purbalingga baru-baru ini

PurbalinggaNews, Jika suatu koperasi ingin maju, diharapkan dapat mengikuti perkembangan jaman, yakni perkembangan teknologi informasi. Adanya revolusi industri 4.0 membuat persaingan usaha semakin kompetitif dan global. Dalam memasarkan usahanya koperasi bisa menggunakan media online.

Pencetus Kampung Marketer sebagai Customer Service (CS) di bisnis online, Novi Bayu Darmawan Indonesia sudah memasuki Industri 4.0 yang mana mau tidak mau harus mengikut perkembangan zaman. Koperasi harus mempunyai tobosan dalam memasarkan usahanya melalui online sehingga usaha yang dimiliki tidak diam di tempat.

“ Pemasaran online ini juga dapat ditunjang dengan banyaknya start-up yang sudah tersedia untuk memudahkan untuk memasarkan usaha secara online,” katanya saat menjadi pembicara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Usaha Koperasi Berbasis Online. Bimtek yang diikuti 60 peserta dilaksanakan di Gedung Graha Adiguna (OR) komplek Pendopo Dipokusukmo Purbalingga baru-baru ini.

Sedangkan Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro (Dinkop UKM) Kabupaten Purbalingga, Ardi Parwoko mengatakan sebagian besar koperasi di Purbalingga hanya mempunyai satu kegiatan usaha. Seperti koperasi yang fokus di simpan pinjam saja tanpa ada kegiatan usaha lainnya.

“ Dinkop UKM berharap adanya Bimtek, koperasi-koperasi yang ada di Purbalingga dapat mengembangkan usahanya, dan meningkatkan managemen usahanya. Salah satu pengembangannya dengan menggunakan teknologi informasi yang sekarang semakin canggih,” katanya.

Terkait dengan permodalan koperasi Andi selaku perwakilan dari Bank BNI mengatakan Bank BNI memiliki program Agen 46. Program tersebut mempunyai tujuan menjadikan masyarakat baik perorangan maupun badan hukum menjadi mitra BNI untuk menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat.

“ Pogram tersebut diproyeksikan agar para mitra mendapatkan pendapatan tambahan dengan proses yang mudah,” katanya. (PI-2)

 

Facebook Comments
Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here