Ilustrasi : Regulator Gas Elpiji 3 Kg

PurbalinggaNews –¬†Menanggapi keluhan masyarakat yang berkembang di media sosial terkait dengan jarum regulator yang tidak menunjukkan di titik kuning, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperidag) Purbalingga lewat Kabid Perdagangan Johan Arifin mengatakan dalam berbagai kesempatan sudah kita sosialisasikan bahwa jarum pada regulator tabung bukan berfungsi untuk mengukur volume gas .

Johan mengatakan jarum regulator berfungsi alat pengukur tekanan dimana suhu diluar tabung akan berpengaruh terhadap tekanan dalam tabung, semakin tinggi tekanan tabung jarum bergerak ke arah merah.

“Untuk mengetahui berat atau volume isi tabung hanya dg cara ditimbang dg alat ukur yang tepat dan akurat pada saat membeli tabung isi,” tambahnya saat dihubungi lewat WhatsApp, Jum’at (20/7).

Johan menambahkan berat isi tabung 3 kg harusnya 8 kg, adapun berat kosong tabung 5 kg. Bila berat kosong tabung lebih dari 5 kg atau berat isi kurang 8 kg bisa complain ke agen atau lapor ke Dinperindag Purbalingga.

Johan mengatakan alokasi harian di Purbalingga tahun 2018 masih mencukupi kebutuhan yakin sebesar 23.713 tabung.

” Apabila ada keluhan masyarakat terkait dengan stok dan isi tabung bisa ke Dinperidag Purbalingga. Masyarakat juga jangan lupa jika membeli tabung mohon ditimbang dulu, untuk tabung gas melon berat penuh sebesar 8 kg, jika kosong 5 kg,” katanya.

Terkait masih naiknya harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) , khusus ayam ras, Johan mengatakan kenaikan tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat yang menggelar hajatan, sehingga permintaan ayam ras meningkatkan, sedangkan pasokan tetap. ” Untuk itu diharapkan masyarakat agar bisa berbelanja bijak, yakni mengganti kebutuhan protein dengan membeli telur atau ikan,” katanya. (PI-2)

Facebook Comments
Like