Waluyo, Komisioner KASN Saat Memberikan Materi di Depan Pejabat Eselon II Pemkab Purbalingga

PurbalinggaNews-  Implementasi manajemen kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga harus ditingkatkan. Hal tersebut disampaikan Komisioner ASN RI bidang pengawasan, monitoring dan evaluasi, Waluyo di dedapn para pejabat eselon II, kepala bagian dan sekretaris dinas Pemkab Purbalingga, Rabu (9/1) di Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo Purbalingga.

Dia mengatakan, sasaran kerja pegawai yang dibuat oleh pejabat eselon IV pada akhirnya dipakai oleh pejabat di atasnya dan seterusnya. Menurutnya, konsep yang seperti itu kurang maksimal karena pola pengaturannya bukan dari pucuk pimpinan. Dia menyarankan agar konsep-konsep kerja kepegawaian dikerjakan oleh pejabat tinggi di lingkungan pemerintah dalam hal ini Pemkab Purbalingga.

“Di lain daerah, SKP dibuat dari bawah mungkin Purbalingga juga sama. Kalau demikian adanya, visi misi yang dicanangkan kepala daerah selama 5 tahun masa jabatan tidak akan diterjemahkan dengan baik,” kata Waluyo.

Dia lalu mencontohkan Purbalingga yang semula mendapat WDP (Wajar Dengan Pengecualian) menjadi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK. Untuk selalu meraih WTP, harusnya ada SKP dan SKP tersebut ada pemiliknya dan tidak asal melaporkan tentang keuangan dan aset negara.

“Kalau mau dapat WTP terus, harus dibuat SKPnya dan harus ada Ownernya. Jangan asal mengumpulkan data-data dari OPD tanpa koordinasi yang jelas,” imbuhnya.

Dia menambahkan, banyak kepala daerah yang mengeluh tentang rendahnya kinerja para birokrat dan banyak dari mereka yang juga terjerat hukum padahal laporan kinerjanya baik. Namun sebaliknya, birokrat sudah bekerja keras menjalankan instruksi pimpinan namun dinilai tidak baik oleh kepala daerah. Hal itu menurutnya disebabkan oleh gagalnya mengeksekusi konsep serta visi misi yang dibuat kepala daerah.

“Harus ada sinkronisasi sehingga tidak ada istilah gagal eksekusi konsep. Karena ini berhubungan dengan janji-janji kepala daerah kepada rakyat,” pungkasnya. (KP-4)

Facebook Comments
Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here