Bambang Irawan Menerima Palu Sidang Dari Ketua DPRD 2014-2019 sebagai simbol pergantian ketua

PurbalinggaNews- HR Bambang Irawan  dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi pimpinan sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga. Hal tersebut diketahui saat rapat paripurna DPRD Purbalingga dengan agenda pengambilan sumpah/ janji anggota DPRD periode 2019-2024 hasil Pemilu 2019, Senin (19/8/2019) di ruang rapat paripurna DPRD Purbalingga.

HR Bambang Irawan menjadi pimpinan sementara bersama Aman Waliyudin sebagai wakil ketua dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).  Penunjukan HR Bambang Irawan dan Aman Waliyudin sudah sesuai aturan yaitu peraturan DPRD Kabupaten Purbalingga No 170-01 tahun 2019 tentang tata tertib DPRD Kabupaten Purbalingga yang menyebutkan ketua (sementara) berasal dari dua parpol yang memiliki kursi DPRD terbanyak.

Keputusan tersebut dibacakan Sekretaris DPRD Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi usai pengambilan sumpah untuk 45 anggota DPRD Purbalingga periode 2019-2024. Ada Sembilan parpol yang mengirimkan wakilnya ke jalan Onje dengan komposisi yang beragam. Ke Sembilan parpol tersebut adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 10 wakil, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 9 wakil, Partai Golongan Karya (Golkar) dengan 7 wakil, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 6 wakil, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan 1 wakil, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 4 wakil, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 2 wakil, Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 4 wakil dan Partai Demokrat (PD) dengan 2 wakil.

“Penunjukan ketua dan wakil ketua sementara merupakan peraturan DPRD Kabupaten Purbalingga yang tertuang dalam tata tertib yang menyebutkan pimpinan berasal dari dua partai politik yang memiliki dua kursi terbanyak di DPRD Purbalingga,” kata lelaki yang akrab disapa Tri Gun tersebut.

Setelah serah terima jabatan dengan ketua DPRD 2014-2019 Tongat, HR Bambang Irawan yang biasa disapa BI menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Purbalingga yang telah mensukseskan Pemilu serentak 2019 April lalu. BI juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada anggota DPRD periode 2014-2019 yang telah mendarma baktikan diri mereka untuk kemajuan Kabupaten Purbalingga.

“Sesuai aturan, sebelum ketua definitif ditentukan, ketua dan wakil ketua berasal dari dua parpol pemilik kursi terbanyak di DPRD Kabupaten. Pertama kami sampaikan kepada warga masyarakat Kabupaten Purbalingga yang telah ikut mensukseskan Pemilu 2019 sehingga berhasil sesuai dengan yang kita harapkan. Kedua, kami sampaikan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2014-2019 yang telah berkontribusi dalam kemajuan Kabupaten Purbalingga,” ujarnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan BI kepada seluruh penyelenggara Pemilu baik KPUD maupun Bawaslu dari tingkat kabupaten hingga tingkat yang paling bawah. Berkat kerja keras mereka, penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Purbalingga berlangsung lancar tanpa adanya hambatan. Kemudian, BI juga mengapresiasi Bupati dan jajaran Forkopimda yang telah menciptakan suasana kondusif selama gelaran Pemilu serentak 2019.

“Terima kasih pula kami ucapkan pada Bupati dan jajaran Forkopimda yang telah menciptakan suasana kondusif sehingga Pemilu lalu dapat berjalan aman, jujur dan adil,” tuturnya.

Dia menambahkan, anggota DPRD 2019-2024 yang baru saja dilantik agar bekerja secara sungguh-sungguh demi kepentingan warga masyarakat Kabupaten Purbalingga. Dirinya menilai, hal yang penting dan perlu dilakukan adalah selalu dekat dengan rakyat agar aspirasi rakyat bisa terserap untuk kemudian diperjuangkan.

“Permasalahan dan kebutuhan masyarakat bisa diketahui jika kita terjun langsung di tengah masyarakat dan dengan itu kita baru bisa memecahkan permasalahan masyarakat,” imbuhnya.

BI juga mengajak kepada anggota terlantik untuk melakukan tiga fungsi DPRD (Pengawasan, Anggaran dan legislasi) dengan baik. Sinergitas DPRD dengan pemerintahKabupaten juga menjadi sorotan agar terus dijaga dan ditingkatkan.

“Kerjasama dan sinergitas antara DPRD dan Pemkab yang selama sudah terbangun untuk bisa ditingkatkan lagi,” pungkasnya. (KP-4).

Facebook Comments
Like