PurbalinggaNews – Guna menggalakan gemar makan ikan (Gemarikan) pada anak-anak khususnnya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dilakukan dengan berbagai cara salah satunya mendongeng. Pesan yang terkandung dalam cerita dongeng diharapkan bisa membuat anak-anak gemar makan ikan baik dirumah maupun disekolahnya.

Menurut Camat Karangmoncol, Juli Atmadi saat kampanye makan ikan di PAUD Nurul Umahat Kecamatan Karangmoncol, Kamis (21/11) mengatakan Gemarikan harus diajarkan sejak dini. Kandungan protein pada ikan yang cukup tinggi bisa menjadi salah satu penambah asupan gizi untuk tumbuh kembang anak terutama untuk mencegah stunting.

“ Dengan asupan gizi yang baik, anak akan semakin kuat, sehat dan harapannya bisa menjadi generasi emas 20 tahun kedepan,” katanya.

Sedangkan ketua PAUD Nurul Umahat, Siti Munifah mengatakan selain mendongeng juga dilakukan senam gemarikan bersama dihalaman Kecamatan Karangmoncol yang ikuti oleh 60 anak beserta Forkompimcam, dan Puskesmas. Setelah kegiatan dilakukan pemberian makanan tambahan dari Puskesmas Karangmoncol.

“ Selain itu juga kita melakukan launching kolam ikan dan pembuatan bakso goreng berbahan baku ikan,” kata Munifah.

Untuk launching  kolam ikan, lanjut Munifah, PAUD Nurul Umahat mendapatkan bantuan bibit ikan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga. Dengan adanya kolam ikan diharapkan bisa menjadi wahana pembelajaran anak-anak PAUD Nurul Umahat untuk senantiasa gemar makan ikan.

“ Kami berterimakasi kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menanamkan kecintaan anak-anak agar gemar makan ikan,” pungasknya. (PI-7)

Facebook Comments
Like