PurbalinggaNews – Seratus persen atau sebanyak 387 siswa Klas XII SMA Negeri 1 Purbalingga tahun pelajaran 2019/2020 dinyatakan lulus. Pengumuman kelulusan disampaikan secara daring lewat grup whatsapp dan email masing-masing siswa, Sabtu (2/5/2020)  jam 17.00 WIB.
Para siswa yag lulus tersebut, terdiri pogram IPA 256 siswa, dan IPS 131 siswa.  Mereka telah menempuh pendidikan dan pengajaran selama tiga tahun, memenuhi segala persyaratan, dan ketentuan kelulusan Klas XII.
Kepala SMA Negeri 1 Purbalingga, Drs. Kustomo , Minggu (3/5/2020) mengatakan, dari 387 siswa tersebut, 33 diantaranya sudah diterima lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Yakni 10 diterima di Universitas Diponegoro (Undip), 3 (UGM), 3 (ITB), 2 (IPB), 7 (Unsoed), dan 8 (UNS).
Ada juga  10 siswa diterima di berbagai Politeknik Kesehatan (Poltekkes) di Jateng lewat Jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP).
“Bagi siswa yang belum diterima lewat jalur SNPMTN, untuk terus berusaha dan semangat, serta mencoba masuk lewat jalur seleksi lainnya, seperti jalur Seleksi  Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) maupun jalur mandiri,” ujarnya.
Berdasarkan pengalaman tahun lalu, lulusan SMAN 1 Purbalingga yang diterima lewat jalur SBMPTN maupun jalur mandiri, cukup banyak. Selebihnya diterima di berbagai perguruan tinggi kedinasan, seperti PKN STAN, STPDN, STIS dan sebagainya. Serta diterima di beberapa PTS favorit terakreditasi A, seperti UII Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Universitas Trisaksi, STT Telkom Bandung dan sebagainya.
Waka Bidang Humas SMA Negeri 1 Purbalingga, Sigit Adi pambudi, S.Pd, M.Pd menambahkan, karena kondisi tidak memungkinkan, maka acara wisuda purna siswa Klas XII untuk tahun ini ditiadakan.
“Semua kegiatan yang berkerumun , seperti upacara pelepasan siswa Klas XII, pentas seni dan lain-lain, untuk tahun ini ditiadakan,” jelasnya.
Untuk mengungkapkan rasa syukur, para siswa diimbau melakukan sujud syukur, kegiatan sosial, ibadah dan kegiatan lain yang bersifat positif, dengan tetap mengikuti protokol pencegahan penularan Covid-19. Yakni tetap di rumah, belajar dan berdoa, serta menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (PI-7)