Kabid Pariwisata Dinporapar Purbalingga memberikan sambutan pada pelatihan dan sertifikasi pramuwisata lokal dan over land Kabupaten Purbalingga Tahun 2019

PurbalinggaNews – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga mengadakan pelatihan dan sertifikasi bagi pramuwisata lokal serta Overland. Kegiatan ini dilaksanakan di Owabong Cottage, Kamis sampai dengan Jumat (8-9/8).

“Pesertanya ada 35 orang yang terdiri dari 12 pramuwisata lokal dan 23 pramuwisata overland,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata pada Dinporapar Kabupaten Purbalingga, Kustinah saat membuka Pelatihan dan Sertifikasi Pramuwisata Lokal dan Overland Kabupaten Purbalingga Tahun 2019.

Kustinah menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas pramuwisata di wilayah Kabupaten Purbalingga. Selain itu, kegiatan ini dilakukan agar pramuwisata lebih professional dalam menjalankan tugas di bidangnya guna menarik para wisatawan.

“Kemudian dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik wisatawan lokal, wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan pelatihan ini dapat menjadi motivasi dan sebagai sarana untuk meningkatkan kapabilitas para pelaku wisata. Sehingga para pelaku wisata nantinya bisa lebih professional dan lebih banyak wisatawan yang akan datang mengunjungi Purbalingga.

“Para pramuwisata ini akan dilatih selama dua hari agar mereka lebih professional dan optimal saat bekerja di bidangnya,” kata Kustinah.

Para peserta nantinya akan diberikan materi di dalam kelas dan akan melakukan kunjungan lapangan. Dengan pemateri pelatihan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Gunadharma Semarang.

“Materi yang diberikan meliputi Dasar-Dasar Kepemanduan, Public Speaking for a Guide, Memimpin Perjalanan Wisata, Psikologi Pelayanan dan Personal Grooming, Pengembangan dan Pemutahiran Pengetahuan bagi Pemandu Wisata, Pemahaman Lintas Budaya bagi Pemandu, serta Bekerja sebagai Pemandu Wisata,” pungkasnya. (PI-7)

Facebook Comments
Like