Kepala Dinpendukcapil, Imam Sudjono sedang memperlihatkan KTP El, Kamis (18/4)

PurblinggaNews – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinpendukcapil) Kabupaten Purbalingga mulai 1 April kemarin telah melayani adminsitrasi kependudukan (Adminduk) secara daring (online). Pelayanan tersebut diharapkan dapat mempercepat penerbitan dokumen kependudukan  kepada masyarakat Purbalingga.

Kepala Dinpendukcapil Purbalingga, Imam Sudjono mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Adminduk secara daring. Pelayanan teresebut merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan berbasis elektronik.

“Sehingga proses pengurusan dokumen kependudukan berupa pengiriman data atau berkas persyaratannya dilakukan dengan media elektronik yang berbasis web dengan memanfaatkan fasilitas teknologi, komunikasi dan informasi,” katanya, Kamis (17/4).

Pelayanan Adminduk secara daring di Purbalingga, tambah Imam diawali dengan penerapan tanda tangan elektronik (TTE) pada Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran yanga telah dilakukan sejak 1 April kemarin. Sehingga masyarakat tidak boleh bingung yang KK atau Akte kelahiran ada tanda tanganya sekarang diganti barcode.

“Dengan adanya TTE mempunyai tujuan agar pelayanan lebih efektif, lebih inovatif, kerahasiaan data terjamin dan mempercepat pelayanan,” tambahnya.

Sedangkan untuk KK dan Akte Kelahiran lama yang sudah diterbitkan menurut Imam dinyatakan masih tetap berlaku sepanjang tidak ada perubahan pada elemen data kependudukan. Agar masyarakat mengetahuinya Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga telah mengeluarkan surat edaran Sekretaris Daerah nomor 470/2835, tentang pelayanan Adminduk secara daring. (PI-2)

Facebook Comments
Like
1