Dolanan Anak yang digelar oleh Even Dolanan Tradisional PD Salimah Kabupaten Purbalingga, MInggu (2/12)

PurbalinggaNews — Dalam rangka memeriahkan hari jadi Purbalingga yang ke 188 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) akan menggelar festival dolanan anak. Festival tersebut rencananya akan dibuka oleh Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dan dihadiri pejabat terkait di lungkup Pemkab Purbalingga.

Plt Dindikbub Purbalingga, Subeno mengatakan festival Dolanan anak rencananya akan dilaksanakan Senin depan (10/12) di Kebun Duku Desa Kembaran Wetan Kecamatan Kaligondang pukul 09.15 WIB. Festival akan diikuti oleh SD perwakilan kecamatan yang dikoordinir oleh Koordinator Wilayah seluruh Purbalingga. Tiap regu berjumlah 20 anak.

“Tujuan Festival antaralain untuk melestarikan permainan anak-anak yang sekarang mulai ditinggalkan. Kekayaan permainan tradisional yang menjadi bagian dari budaya kita, sekarang kian tersisih oleh berbagai permainan modern,” katanya, Rabu (5/12).

Konsep Festival Dolanan, lanjut Subeno menggambarkan masa lalu ketika masih banyak anak-anak bermain dengan teman-temannya di bawah pohon, yakni dengan membuat suasan oedesaan dengan gubug-gubug kecil, yang terbuat dari bambu dan jerami. Pada saat pembukaan panitia juga akan menyediakan berbagai macam dengan dolanan jaman dulu yang akan dibagikan kepada tamu undangan.

“ Pembukaan Festival akan ditandai dengan permainan lempar “Bentik” yang akan ditangkap oleh Kepala Dindikbud, selanjutnya seluruh tamu undangan juga akan memaninkan dolanan yanag sudah dibagikan,” katanaya. (PI-2)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here