PURBALINGGA – Sebanyak 30 pelajar SMA/SMK/MA di Purbalingga dikukuhkan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), di Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Kamis (15/8). Mereka akan bertugas melakukan pengibaran dan penurunan bendera pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sabtu (17/8) di Alun-alun Purbalingga.

Pada upacara pengukuhan tersebut, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengucapkan selamat kepada mereka yang terpilih menjadi Paskibraka. Penghargaan dan ucapan terima kasih juga Ia sampaikan kepada para orang tuanya yang telah memberikan dorongan, motivasi dan fasilitasi kepada putra dan putrinya.

“Karena peran orang tua juga sehingga adik-adik terus dalam kondisi sehat dan berkemampuan sebagai duta bangsa melaksanakan tugas yang sangat mulia dan membanggakan sebagai pasukan pengibar bendera merah putih,” katanya.

Bupati Tiwi juga meyakini bahwa sebagai putra dan putri terbaik  yang telah terpilih, tentunya memiliki berbagai keistimewaan, yakni membanggakan nama keluarga, membanggakan nama sekolah dan nama Kabupaten Purbalingga. Sehingga harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan berakhlak mulia serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

Beberapa hari belakangan ini mereka telah mengikuti karantina, gemblengan demi gemblengan yang menguras tenaga, Bupati meminta untuk menjalani gemblengan dengan ikhlas. Karena itu akan menjadi bekal pengalaman yang luar biasa berharga bagi kehidupan mendatang.

“Jadikan gemblengan-gemblengan tersebut sebagai pemicu semangat untuk menampilkan penampilan yang terbaik,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Bupati juga berpesan, agar Paskibraka ini menjadi generasi masa depan yang maju dan unggul, berjiwa Pancasila yang berkepribadian Indonesia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu mempersembahkan karya terbaiknya sesuai minat dan bakatnya masing-masing.

Selain itu juga harus memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet, tegar, dan pantang menyerah, untuk berjuang demi kemajuan Kabupaten Purbalingga serta bangsa dan Negara. Salah satunya yakni dengan mengisi kemerdekaan yang diwariskan para pejuang melalui kegiatan positif dan bermanfaat.

“Jadilah pemuda yang ikut berkontibusi dalam pembangunan Republik Indonesia karena di tangan kalianlah kemajuan bangsa ditentukan,” tuturnya.

Bupati Tiwi juga menyampaikan penghargaan dan ucapanterima kasih kepada para pembina, pembimbing dan pelatih;  atas segala usaha serta kesabaran dalam menggembleng serta membimbing putra-putri terbaik purbalingga selama proses latihan. Demikian pula kepada pihak sekolah, kami sampaikan penghargaan ucapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan pada siswa siswinya. (Gn/Humas)

Facebook Comments
Like