Kepala Bulog Subdrive 4 wilayah Banyumas di Radio Gema Soedirman, Rabu (22/5)

PurbalinggaNews, Badan Urusan Logistik (Bulog ) Subdrive 4 wilayah Banyumas, menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di Purbalingga. Menurut Kepala Bulog Subdrive 4 Bayumas, Tony Supriyadi untuk menjamin ketersedian beras sampai saat ini di gudang Bulog terdapat 1.577 ton beras premium.

“ Alhamdulillah sampai hari ini kebutuhan beras cukup aman, kemudian untuk komoditi lainnya seperti gula pasir, minyak goreng juga tepung terigu dalam kondisi baik. Untuk gula pasir tiap minggu kita didrop 30 ton sehingga dilihat dari ketersediaan cukup,” katanya.

Apabila ada beberapa komiditas yang kurang, menurut Tony, Bulog akan segera melakukan pengadaan, dikarenakan mekanismenya bisa langsung beli dan jual ke masyarakat.  Untuk minyak goreng masih cukup dan akan melalkukan pembelian lagi minggu ini. Tony optimis semua kebutuhan pokok masyarakat bisa tercukupi.

“ Kalau daging segar sapi di pasar harganya sampai Rp 140 ribu perkilogram, Bulog memberikan alternatif pemenuhan kebutuhan protein dengan menjual daging kerbau beku dengan HET (harga eceren tertinggi) sebesar Rp 80 ribu,” katanya saat di Radio Gema Soedirman, Rabu (22/5).

Selain itu Bulog jugga bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Purbalingga untuk melaksankaan pasar murah dibeberapa tempat.  Ada 6 kecamatan, 2 kecamatan sebelum Romadhon dan 4 kecamatan saat bulan Romadhon dan pada  kebetulan hari ini kita melakukan pasar murah di Kecamatan Bojongsari .

“ Ada sekitar 1. 700 paket untuk kegiatan pasar murah. Dalam pasar murah kita melakukan kerjasama dengan pemkab dengan membukan stand, dimana kita jual  seperti gula, minyak goreng, tepung trigu dan daging kerbau. Kegiatan ini meruakan suatu bentuk kepedulian pemerintah untuk memenuhi kebutuhan daging dengan relatif harga lebih murah,” katanya.

Terkait dengan operasi pasar, Bulog untuk sekarang belum merencanakannya. Bulog hanya mengefektifkan kepanjangan tangan Bulog yakni adanya RPK (rumah pangan kita) untuk menstabilkan harga-harga diseluruh wilayah Kabupaten Purbalingga. Di subdrive 4 Banyumas ada 500-1000 RPK.

“ Kepada masyarakat diharapkan jangan panik sehingga membeli kebutuhan pkok dengan jumlah yang besar, Insyallah stok ada dan harganya kalau tidak terjadi kepanikan atau rush harga akan stabil,” katanya.

Terkait dengan kebutuhan bawang baik bawang putih maupun bawang merah, Tony menyarankan kepada Dinas Perdagangan dan perindustrian Purbalingga untuk bisa berkoordinasi dengan Kementrian Perdagangan. Karena kebutuhan bawang yang diberikan tugas kementrian perdagagann bukan di Bulog.

“ Kemarin Dinperindag Kabupaten Banyumas sudah menghubungi Kemetrian Perdagangan dan alhamdulillah mendapatkan droping sebesar 6 Ton untuk diperdagangkan di wilayah Bayumas,” katanya. (PI-2)

 

Facebook Comments
Like