PurbalinggaNews – Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM ingatkan kembali tiga fungsi aparatur sipil negara (ASN) kepada jajaran aparatur anggota Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) kabupaten Purbalingga. Tiga fungsi ASN itu kembali ditekankan Bupati saat Senam Bersama ASN di halaman Pendapa Dipokusumo, Jumat (24/11).

Menurut Bupati, jajaran Korpri harus menjadi contoh aparatur yang profesional, yakni aparatur yang mengerti aturan Rule of The Law, Rule of The Track, Rule of The Game. Selain itu juga mampu mewujudkan fungsinya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat kesatuan bangsa.

“Jadi ketika ada kebijakan publik, apa itu undang-undang, Peraturan Pemerintah, Perda ataupun perbub, sebagai pelaksana kebijakan publik, Korpri harus taat. Ketika ada korpri melanggar kebijakan publik, maka sesungguhnya itu bukan Korpri, bukan aparatur. Itu pegawai kesasar (Tersesat-red),” ujar Bupati Tasdi saat memberikan arahan sebelum senam bersama dalam rangka peringatan HUT ke-46 Korpri tingkat kabupaten Purbalingga.

Pada peringatan HUT ke-46 ini, lanjut Bupati, semua jajaran Korpri harus melakukan instrospeksi apakah yang dilakukan selama ini sudah mencerminkan tiga fungsi ASN ataukan belum. Disamping itu, Korpri kedepan juga harus mampu membawa ASN anggotanya menjadi “ASN Jaman Now” yakni ASN yang mampu mengikuti perkembangan zaman, tidak gaptek, dan menjadi pelayan publik berbasis IT (teknologi informasi).

“Kemarin (23/11) kita berkunjung ke laboratorium Telkom di Jakarta. Ternyata di Papua saja sudah banyak yang menerapkan smart city, kita disini belum smart city, masih trial – trial saja. Maka kalau kita tidak mengikuti zaman, kita akan ketinggalan bahkan tergilas oleh zaman,” katanya.

Dia berharap, Korpri di Purbalingga menjadi Korpri yang profesional, cerdas membaca regulasi, cerdas membaca situasi, cerdas membaca perkembangan zaman, perkembangan pemerintahan dan dunia global.

Usai senam bersama, Bupati Tasdi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Ny Erni Widyawati, Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi, SH dan jajaran Pengurus Korpri Purbalingga makan sroto bersama ASN dan membagikan ratusan doorprise senam bersama.

Sebelumnya, dalam rangkaian peringatan HUT Korpri, telah dilaksanakan Donor Darah dan Anjangsana kepada mantan Ketua Korpri kabupaten Purbalingga. Kegiatan dibarengkan dengan penyerahan bantuan sosial dari Dharma Wanita Kabupaten Purbalingga, Kamis kemarin (23/11).

Sejumlah kegiatan masih akan mewarnai HUT Korpri, diantaranya Selasa (28/11) dilaksanakan Lomba MC dan Dirigent di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga. Sebagai puncak acara akan dilaksanakan upacara peringatan HUT Korpri di halaman Pendapa Dipokusumo, Rabu pagi (28/11). Usai upacara bakal dilanjutkan ziarah ke Makam Pahlawan Purbosaroyo, Purbalingga. (PI-4)

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here