Asisten Koopsau 1 Kolonel Penerbang Bambang Sunarto SP MM pada acara Ceramah Komunikasi Sosial (Komsos) TNI bersama generasi milenial yakni para pelajar, mahasiswa dan Bela Negara di OR Graha Adiguna Kompleks Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Kamis (14/3).

PurbalinggaNews – TNI AU Lanud Jenderal Soedirman melaksanakan Ceramah Komunikasi Sosial (Komsos) TNI bersama generasi milenial yakni para pelajar, mahasiswa dan Bela Negara, Kamis (14/3) di OR Graha Adiguna Kompleks Pendopo Dipokusumo Purbalingga. Komsos TNI ini mengambil tema “Melalui Komsos TNI Kita Pelihara Kemanunggalan dengan Rakyat Guna Meningkatkan Semangat Bela Negara”.

Asisten Koopsau 1 Kolonel Penerbang Bambang Sunarto SP MM menyampaikan selain melaksanakan tugas pokok menjaga kedaulatan udara NKRI, TNI Angkatan Udara juga melakukan pemberdayaan wilayah pertahanan yang berada di sekitar wialayah Lanudnya masing-masing, salah satunya dengan melakukan pembinaan potensi kedirgantaraan.

Kegiatan Komsos kali ini yakni dilaksanakan penyuluhan atau sosialisai tantang cara mengatasi berita hoaks menyikapi kembalinya komunisme dan konsep revolusi industri bagi pelaku-pelaku industri di kabupaten ini.

“Perkembangan global, regional dan nasional serta persepsi ancaman yang paling mungkin terjadi, TNI harus melaksanakan penangkalan, pencegahan, serta penindakan terhadap segala bentuk ancaman dan gangguan yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa,” katanya.

Selain penyuluhan tersebut, TNI AU Lanud JB Soedirman juga melaksanakan penyuluhan bidang hukum yakni UU ITE serta penyuluhan kesehatan berupa pencegahan penyakit Deman Berdarah Dengue (BDB). Kegiatan fisik dari Komsos TNI yakni pembangunan Mushola di Desa Kemangkon Kecamatan Kemangkon.

Ia berharap karya bakti dan Komunikasi Sosial TNI ini dapet mendukung program pembangunan daerah Kabupaten Purbalingga dengan mendepankan kehidupan kesejahteraan sosial masyarakat yang mandiri berinterigitas nasional yang kuat sehingga terwujud kemandirian. “Kegiatan karya bakti TNI kita wujudkan semangat kebersamaan, gotong royong, dan rasa kekeluargaan serta perkokoh TNI dan rakyat.  Ini adalah sikap yang harus terus di pertahankan, agar masyarakat merasa memiliki karena pada hakikatnya TNI berasal dari rakat oleh rakyat untuk rakyat,” katanya.

Sementara itu Plt Bupati Purbalingga yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, Drs Agus Winarno MSi menyampaikan  jelang Pileg dan Pilpres 2019 dalam suasana ini bangsa kita sedang diuji. Yakni banyak pihak yang menonjolkan perbedaan. Padahal dahulu dalam mendirikan NKRI justru mengutamakan pesatuannya perbedaan itu menjadi pendorong untuk bersatu maka semboyannya BHINNEKA TUNGGAL IKA

“Sekarang perbedaan-perbedaan itu di bangkitkan melalui ujaran-ujaran kebencian, hoax, bahkan di hembus-hembusakan paham radikalisme, untuk itu Ibu Plt Bupati menilai acara ini sangat pas dan wahana untuk mengajak semua yang hadir di sini untuk sebagai banteng untuk menangkal semua hal itu,” katanya. (Ar/Humas)

Facebook Comments
Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here