Penandatanganan komitmen ODF pada kegiatan Germas di Lapangan Desa Pagerandong Kecamatan Mrebet, Rabu (20/2).

PurbalinggaNews – Dari 19 (sembilan belas) desa yang ada di wilayah Kecamatan Mrebet, baru 2 (dua) desa yang dinyatakan ODF (open defecation free) atau warganya dinyatakan sudah bebas buang air besar sembarangan yakni Desa Tangkisan dan Desa Kradenan. Kondisi tersebut menjadikan motivasi bagi 9 (sembilan) desa yang ada di wilayah Puskesmas Serayu Larangan dan menyatakan komitmen mendukung percepatan desa ODF tahun 2019-2020.

Disaksikan Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM. , kesembilan desa yaitu Desa Pagerandong, Bojong, Pengalusan, Lambur, Binangun, Sangkanayu, Srayu Larangan, Serayu Karanganyar, dan Campakoah menandatangani komitmen percepatan ODF dan menyatakan dukungan untuk suksesnya kegiatan Puskesmas, keaktifan peran FKD (forum kesehatan desa) serta dukungan terhadap keaktifan pelaksanaan Posbindu (pos pelayanan terpadu) di desanya masing-masing.

“Tentunya tidak hanya ditandatangani saja, yang lebih penting adalah implementasinya, bagaimana mewujudkan Kecamatan Mrebet ODF di tahun 2019-2020 menyusul Kecamatan Kemangkon dan Karangjambu,” kata Plt. Bupati Dyah. H. Pratiwi usai ikut serta menandatangani komitmen dukungan ODF, Rabu (20/02).

Penandatanganan komitmen ODF tersebut dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan gerakan bersama masyarakat (germas) hidup sehat Puskesmas Serayu Larangan yang dipusatkan di lapangan Desa Pagerandong Kecamatan Mrebet. Plt. Bupati hadir didampingi Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi, SH. beserta para asisten Sekda, serta sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Kepala OPD dan juga para Camat se Kab. Purbalingga.

Kegiatan germas diawali dengan penyerahan bantuan rehab RTLH untuk bpk. Gianto warga RT.01 RW.03 desa Pagerandong, penyebaran benih ikan di sungai pingen dan selanjutnya pelaksanaan senam massal bersama warga di lapangan Pagerandong. Usai senam, Plt. Bupati meninjau stand inovasi Puskesmas, screening kesehatan, stand posbindu, stand UMKM, stand buah dan sayur dan stand festival pecel. Warga juga mendapatkan sosialisasi tata cara dan pengawasan pemilu dari KPU dan Bawaslu Purbalingga.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati mengajak seluruh warga Kec. Mrebet untuk memperhatikan betul kegiatan mendukung germas yaitu rajin berolahraga, makan bergizi, buah dan sayur, rutin periksa kesehatan, serta istirahat cukup. “Satu lagi saya tambahkan, khusus untuk bapak-bapak, kurangi konsumsi rokok untuk mencegah terkena penyakit paru-paru,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Bupati menyerahkan berbagai bantuan dari Dinas Sosial berupa kursi roda dan alat bantu berjalan, Dinas Kesehatan berupa kloset, Dinas Ketahanan Pangan berupa rasbangga dan lele sejumlah 350 paket, dan dari Puskesmas Serayu Larangan berupa PMT ibu hamil, PMT balita, PMT penderita TB (tuberculosis/sakit paru-paru) dan pembagian sertifikat ASI eksklusif.

Germas Puskesmas Serayu Larangan membagikan berbagai doorprize untuk masyarakat yang mengikuti kegiatan, diantaranya 3 ekor kambing, 4 buah sepeda, 1 buah lemari pendingin, 1 buah mesin cuci dan hadiah lainnya dari para sponsor kegiatan. Warga yang beruntung mendapat sepeda dari Plt. Bupati Dyah H. Pratiwi adalah Ny. Sohati, dan yang mendapatkan kambing dari Sekda Wahyu Kontardi adalah Ny. Ani, keduanya warga Pagerandong. (t/ humpro2019)

Facebook Comments
Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here