BNNK Purbalingga melakukan cek urin untuk awak bus di terminal Bobotsari

PurbalinggaNews- Awak bus Antar Kota Antar Kota (AKAP) yang mengendari bus dari dan ke Purbalingga negative penyalahgunaan narkoba. Hal tersebut disampaikan kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Purbalingga, Sudirman saat memimpin pengecekan urin bagi awak bus AKAP di terminal Bobotsari, Senin petang (10/6).

Sudirman mengatakan, cek urin untuk para awak bus merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi stake holder dalam menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2019. Setelah beberapa waktu lalu juga diadakan kegiatan serupa jelang mudik lebaran, cek urin di terminal Bobotsari tersebut diikuti 27 awak bus yang kesemuanya negative penyalahgunaan narkoba dan alcohol.

“Ini tindak lajut dari rakor sebelum lebaran. Dari 27 awak bus yang ikut tes, semuanya negative narkoba dan alcohol,” kata Sudirman.

Sudirman menambahkan, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk deteksi dini penyalahgunaan narkoba yang tentu saja akan membahayakan penumpang bus. Menurutnya, BNNK Purbalingga perlu melakukan deteksi dini agar keselamatan penumpang pasca lebaran bisa terjamin.

“Ini untuk deteksi dini agar keselamatan penumpang bisa terjamin dan tidak ada hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Dalam tes tersebut dilakukan tes urin dengan rapid test narcotics  enam parameter  yaitu THC, MOP, AMP, BZO, COC dan METH. Sudirman menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut dalam kegiatan tersebut khususnya Dinas Kesehatan kabupaten Purbalingga yang juga menguji urin kandungan alcohol para awak bus.

“Kegiatan ini digawangi juga oleh Satpol PP, Dinhub dan Dinas Kesehatan Purbalingga. Terima kasih kepada semua pihak yang juga mengawal kegiatan ini,” pungkasnya. (KP-4).

Facebook Comments
Like