PurbalinggaNews – Dalam rangka mengantisipasi adanya banjir tepatnya di lokasi Dusun Sambirata, Desa Wanogara Kulon rencananya akan dilaksanakan kerja bakti pemasangan bronjong di Sungai Gintung. Bronjong tersebut merupakan bantuan dari BPBD Purbalingga  sejumlah 36 lembar bronjong.

“Kami juga sedang berproses meminta bantuan bronjong pada Dinrumkim dan DPU PR mudah-mudahan bisa melengkapi kekurangan yang ada,” kata Kepala UPJ2I Wilayah Rembang DPU PR Purbalingga, Dwi Mulyono Kamis (7/11).

Ia menjelaskan telah berkoordinasi dengan pihak setempat untuk mengerahkan warganya untuk membantu pemasangan bronjong. Kurang lebih sekitar 600 orang yang terdiri dari warga desa di sekitar sungai gintung, dari pihak DPU PR, Kecamatan Rembang dan Perangkat Desa.

“Untuk desa yang sekiranya rawan dan bisa terkena imbas banjir yaitu Desa Wanogara Kulon dan Desa Wanogara Wetan masing-masing kemarin hasil rapat disepakati masing-masing mengirimkan 200 warganya atau lebih,” ujar Dwi Mulyono.

Ia berharap dengan adanya kegiatan kerja bakti nantinya minimal dapat dijadikan upaya penanggulangan awal apabila terjadi banjir. Ia pun menuturkan Sungai Gintung yang berada di lokasi dukuh Sambirata, Desa Wanogara Kulon dan sekitarnya perlu diadakan normalisasi sungai.

“Diharapkan dengan kegiatan kerja bakti ini minimal bisa menjadi penanggulangan awal karena memang idealnya perlu diadakan normalisasi sungai,” katanya.

Senada dengan Sekretaris Desa Wanogara Kulon, Hanafi mengatakan kegiatan bakti sosial berkaitan dengan pemasangan bronjong tersebut dilakukan sebagai pengaman Sungai Gintung. Hal ini dikarenakan, Sungai Gintung yang diperkirakan apabila terjadi banjir dapat naik ke pemukiman warga di sekitarnya.

“Harapannya dengan adanya pengalihan arus sungai tersebut nantinya arus sungai beralih tidak sampai mengenai pemukiman,” kata Hanafi.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi pada BPBD Purbalingga, Rakhman Widianto mengatakan pihaknya dibantu Kepala UPJ2I Wilayah Rembang DPU PR, Koramil, unsure kecamatan dan unsure Desa Wanogara Kulon telah melakukan pemasangan patok bambu sebagai lokasi pemasangan bronjong. Pemasangan bronjong ini sebagai mitigasi structural untuk penanganan banjir Sungai Gintung Dusun Sambirata, Desa Wanogara Kulon.

“Bronjong nantinya akan dipasang pada tiga titik dengan kebutuhan 36 lembar bronjong,” kata Rakhman.

Pemasangan bronjong dan normaslisasi Sungai Gintung yang dilaksanakan secara gotong royong rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu (9/11). Bronjong tersebut juga telah diambil oleh pihak terkait di BPBD Purbalingga pada Kamis (7/11). (PI-7)

Facebook Comments
Like