Bupati Tiwi tengah berbincang bersama jajaran Direksi Pt AP I di Lawa Coffee Shop, Golaga, Karangreja, Rabu (10/7)

PurbalinggaNews – Dampak kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno di Kabupaten Purbalingga beberapa waktu lalu berdampak signifikan bagi pengembangan berbagai potensi yang ada di kabupaten Purbalingga. Sebelumnya saat kunjungannya di Purbalingga, Menteri BUMN membawa CSR (Corporate Social Responsibility) atau program bina lingkungan dari sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang jumlahnya mencapai Rp 1 Miliar untuk peningkatan fisik sejumlah Mushola/TPQ dan Pondok Pesantren.

“Kami hadir kembali di Purbalingga guna menindaklanjuti hasil kunjungan Ibu Menteri (Rini Soemarno-red). Kita ingin (Angkasa Pura I-red) memberikan kontribusi kepada masyarakat di kabupaten Purbalingga ini,” kata Direktur PT. Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam kunjungannya di Purbalingga, Rabu (10/7).

Kunjungan tim AP I diterima Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, MM di Lava Coffee Shop, Goa Lawa Purbalingga (Golaga). Ikut hadir bersama Faik Fahmi diantaranya Direktur Operasi AP I Wendo Asrul Rose, Coorporate Secretary Handy Heryuditiawan dan dua orang konsultas/Arsitek.

Diungkapkan  Faik Fahmi, Golaga merupakan destinasi pariwisata di Purbalingga yang sangat potensial dikembangkan. Namun demikian destinasi yang tengah berbenah ini juga memerlukan penguatan dari sisi sarana dan prasarananya. Sehingga pihaknya diminta oleh Menteri BUMN agar dapat memberikan kontribusi bagi kabupaten Purbalingga dengan membangun fasilitas yang dapat mendukung kegiatan pariwisata.

“Konsep yang ingin kita kembangkan disini berupa Balai Ekonomi Desa (Balkondes), seperti yang sudah kita lakukan di Borobudur. Kita menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan tourism, tapi sekaligus bisa memberdayakan masyarakat,” jelasnya.

Fasilitas yang bakal dibangun AP I di kawasan atas Golaga, lanjut Faik Fahmi, berupa sarana penginapan semacam homestay, dimana ditempat itu juga dapat menjadi tempat mengekspose produk-produk yang menjadi unggulan di kabupaten Purbalingga khususnya yang berada di sekitar Golaga. “Kita ingin gerak cepat, mudah-mudahan tahun ini sudah selesai. Setidaknya, pada Oktober nanti mudah-mudahan sudah bisa terwujud,” katanya.

Sementara Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengaku sangat mendukung apa yang akan dilakukan jajaran BUMN khususnya Angkasa Pura I dalam pengembangan pariwisata di Purbalingga. Dikatakan Bupati Tiwi, hal ini tidak terlepas dari hasil kunjungan Menteri BUMN dan jajaran Direktur BUMN di Golaga beberapa waktu lalu.

“Ada beberapa bantuan dari pihak Angkasa Pura I, salah satunya melalui program Balkondes yang akan ditempatkan di kawasan wisata Golaga. Tentu saja ini akan menambah fasilitas yang ada di Golaga ini,” katanya.

Dikatakan Bupati, fasilitas pendukung pariwisata yang akan dibangun berupa home stay dengan konsep Sky Garden yang dapat melengkapi fasilitas Glamping (Glamour Camping) yang sudah dibangun Owabong sebagai pengelola Golaga. “Tentu ini sangat menggembirakan, apalagi sebentar lagi Purbalingga akan memiliki Bandara (JB Soedirman-red) yang juga diharapkan bakal mempermudah wistawan baik nasional maupun mancanegara untuk datang di Purbalingga,” lanjutnya.

Plt Direktur Owabong Hartono, berterima kasih kepada jajaran BUMN dan Bupati Purbalingga yang telah menghadirkan dukungan pengembangan Golaga. Saat ini pihaknya tengah berbenah agar Golaga mampu menjadi wisata unggulan di Purbalingga. “Untuk mendukung Balkondes, kita akan menggaet potensi kopi dan nanas yang ada di sekitar Golaga sebagai produk unggulan Balkondes nantinya. Kita akan buatkan tempat pemrosesan nanas dan kopi sebagai produk oleh-oleh bagi wisatawan,” jelasnya.

Selain Balkondes, pihaknya juga berharap ada bantuan lainnya dari CSR BUMN yang dapat mendukung pengembangan potensi pariwisata lainnya di kabupaten Purbalingga. (Hr/humaspro2019) 

Facebook Comments
Like