Anggota pramuka sedang belajar teknik fotografi

PurbalinggaNews – Sebagai anggota pramuka selain mempelajari dunia kepramukaan juga harus memahami tentang jurnalistik. Pemahaman mengenai hal-hal yang berkaitan dengan jurnalistik ternyata sangat berpengaruh besar terhadap eksistensi gerakan pramuka.

“Sehingga tentunya menuntut kita untuk dapat memberikan bukti nyata kepada masyarakat pada umumnya serta gerakan pramuka pada khususnya tentang kegiatan-kegiatan yang ada di pramuka,” kata Andalan Humas Kwarcab Purbalingga, Ginanjar Noviono saat dihubungi, Selasa (16/4).

Salah satu media dan wahana yang dapat mendukung eksistensi gerakan pramuka yakni melalui kegiatan jurnalistik. Kegiatan ini merupakan wadah pendidikan pembinaan dan pelatihan bagi kader gerakan pramuka penegak dan pandega dalam bidang kehumasan Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga.

“Kegiatan ini pula nantinya dapat mengembangkan pengetahuan kehumasan dan kejurnalistikan bagi pramuka purbalingga,” jelas Ginanjar.

Oleh karena itu, kwarcab Purbalingga mengadakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Unit Jurnalistik guna menyalurkan, membina dan mengembangkan potensi gerakan pramuka. Yang dikhususkan untuk pramuka penegak dan pandega supaya mempunyai kemampuan dan ketrampilan jurnalistik serta kehumasan.

“Selin itu kegiatan ini ntuk meningkatkan minat dan bakat angota pramuka dalam bidang fotografi, videografi, desaingrafis, broadcasting, reportase atau news,” imbuhnya.

Kegiatan ini diikuti oleh pramuka penegak dan pandega yang telah lolos seleksi pada 23/2 lalu. Pendidikan dan Latihan Unit Jurnalistik ini dilaksanakan pada Jumat-Minggu (12-14/4) bertempat di Sanggar Bahakti Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga.

“Materi yang diberikan sendiri diantaranya desain grafis, praktek fotografi dan broadcasting, penulisan berita, videografi dan simulasi jurnalistik,” tambah Ginanjar.

Ia pun berpesan kepada peserta agar materi yang didapatkan untuk bisa dikembangkan dan ditularkan kepada rekan-rekannya yang lain. Pramuka sebagai agen anti hoax juga harus benar-benar menjalankan slogan ‘setiap pramuka adalah pewarta’.

“Kemudian memberikan kontribusi yang nyata hasilnya di tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan kejurnalistikan dan bisa menjadi roll model bagi anggota pramuka lainnya,” pungkasnya. (PI-7)

Facebook Comments
Like

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here