PurbalinggaNews – Sebanyak 38 Pangkalan mengikuti kegiatan pesta siaga tingkat kwartir Kecamatan Karangmoncol. Kegiatan ini bertujuan sebagai wahana latihan tiap pangkalan yang dilakukan setiap tahunnya, serta untuk mencari Barung tergiat, yang nantinya akan mewakili kwartir Karangmoncol di Tingkat Kwarcab Purbalingga.
Ketua Panitia Siaga Ranting Kecamatan Karangmoncol, Nur Kholis mengatakan pesta siaga bertujuan untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan kecakapan antar sesama Siaga. Dengan 38 Pangkalan maka ada 76 Barung putra-putri atau ada 780 Pramuka siaga.
Ada 7 Materi yang dilombakan yakin Iman dan taqwa, kemampuan prilaku, kemampuan ilmu pengetahuan, kemampuan ketrampilan dan ketangkasan, kepedulian lingkungan, serta kemampuan mengikuti dan mentaati peraturan. Juri berasal dari utusan masing-masing pangkalan.
” Kegiatan ini didanai dengan dan swadaya dari masing-masing pangkalan as kwartir Karangmoncol,” katanya disela-sela kegiatan. Pesta siaga pada tahun ini diselenggarakan di Lapangan Desa Beleraksa, Sabtu (8/2).
Sedangkan Camat Karangmoncol Juli Atmadi saat membuka pesta siaga mengatakan bahwa pesta siaga ini sebagai ajang menambah keakraban dan berlatih. Gunakan kegiatan ini dengan riang gembira, jadikan pesta siaga untuk menambah teman.
” Menjadi Pramuka Siaga juga harus mengamalkan Dwi Satya dan Dwi Dharma, harapannya Pramuka siaga akan selalu menjalankan kehidupan beragama dan bernegara, selalu berbuat kebaikan. Kemudian juga harus selalu berbhakti kepada ayah bundanya serta harus berani dan tidak putus asa,” katanya . (*)