PurbalinggaNews – Sebanyak 320 anak menerima biaya pendidikan Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (AUSTS) dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga. Bantuan biaya pendidikan AUSTS diberikan kepada anak setingkat SD dan SMP yang ada di dua kecamatan yakni Kecamatan Karangmoncol sebanyak 255 anak dan Kecamatan Kertanegara sebanyak 65 anak.

Sekretaris Kecamatan Karangmoncol, Sapto Suhardiyo mengatakan bantuan pendidikan tersebut diharapkan mampu mengentaskan anak usia sekolah tidak sekolah agar mau sekolah. Sehingga ke depan anak-anak penerima bantuan pendidikan ini dapat mengenyam pendidikan hingga ke jenjang pendidikan tinggi.

“Yang nantinya bisa meningkatkan taraf hidup keluarganya,” kata Sapto di Pendopo Kecamatan Karangmoncol, Rabu (15/1/2020).

Ia menjelaskan bantuan dana pendidikan AUSTS keseluruhan dari anggaran APBD sebesar Rp 1,3 Miliar untuk 1300 anak. Penerimaan untuk masing-masing anak di dua kecamatan antara Rp 500 ribu, Rp 750 ribu, Rp 1 juta dan Rp 1,5 juta.

“Bantuan tersebut nantinya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan peralatan sekolah,” ujarnya.

Faiq salah satu penerima bantuan pendidikan AUSTS mengatakan sangat senang dan berterima kasih pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga yang telah memberikan bantuan tersebut. Berkat bantuan biaya tersebut, ia dapat mengenyam bangku pendidikan di MI NU Tamansari 1.

“Uangnya yang diterima ini nanti mau dibelikan peralatan sekolah seperti buku, tas dan sepatu,” kata Faiq. (PI-7)

Facebook Comments
Like