Salah satu tim pemantau rantang berkah dari Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Purbalingga, R. Budi Setyawan saat bertemu dengan salah satu penerima manfaat rantang berkah di Kedungbenda Kemangkon

PURBALINGGA, INFO- Para lansia penerima  rantang berkah sangat merasakan manfaat nyata dari program tersebut. Setidaknya itulah yang terpantau dari tim evaluasi program rantang lintas OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP), Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), Bappelitbangda, Dinas Kesehatan dan Dinsosdalduk KB P3A Kabupaten Purbalingga, Rabu (19/6).

Tim yang bergerak ke Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon menemukan sebuah apresiasi yang tinggi dari penerima manfaat yang merupakan para lansia yang tinggal sebatang kara. Seperti yang disampaikan oleh Muwat, warga Kedungbenda yang setiap hari menerima dua menu makanan untuk dikonsumsi. Dirinya mengaku sangat terbantu dengan program rantang berkah yang digagas Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) karena konsumsi sehara-harinya terjamin oleh pemerintah tanpa harus bingung memikirkan hal tersebut.

“Kulo maturnuwun kalih ibu Bupati. Kulo nedi sampun dijamin dadose mboten bingung mikiraken ngenjang nedi nopo. Saya berterima kasih kepada ibu Bupati. Saya makan sudah dijamin jadi saya tidak bingung memikirkan besok makan apa(Jawa),” kata Muwat.

Hal senada disampaikan kakak beradik Saini dan Sawin. Mereka menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Purbalingga khususnya Bupati yang telah mengadakan program rantang berkah. Mereka berharap agar program tersebut berlanjut karena mereka benar-benar mengandalkan dari bantuan orang lain.

“Kami senang ada bantuan makan dua kali sehari ini. Semoga akan terus berlanjut agar kami bisa makan setiap harinya,” ujarnya.

Saat disinggung tentang varian menu, mereka mengaku sangat senang karena setiap harinya menu yang disajikan berbeda. Kebutuhan gizi yang berimbas pada kesehatan juga meningkat seiring dilaksanakannya program tersebut. Varian menu berupa ikan, sayur, daging dan penghasil nutrisi lain sangat memberikan kontribusi nyata bagi para lansia sebatang kara yang sudah tidak bisa diberdayakan.

Penyedia catering rantang berkah, Sutopo mengaku sangat berhati-hati dalam menyediakan sajian makan bagi para lansia. Penyedia yang juga memiliki rumah makan ayam lunak Lahmana ini tidak ingin mengecewakan para lansia. Penyedia juga tidak pernah terlambat dalam mengantar makanan.

“Kami sangat menjaga kualitas agar para lansia selalu terpenuhi makan seimbangnya. Mereka juga sangat senang kalau makanannya dating,” tutur Sutopo.

Sebelumnya, di hari yang sama dilakukan rapat khusus lintas OPD tersebut yang dipimpin Kepala DKPP Purbalingga, Sediyono di ruang rapat DKPP Purbalingga. Sediyono mengatakan, evaluasi perlu dilakukan guna mengukur sejauh mana kefektifan program rantang berkah yang digagas Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dan mengukur sejauh mana kinerja pihak ketiga dalam menyediakan menu makanan dan Pemerintah Desa dalam mengawasi jalannya program rantang berkah.

“Ini untuk mengevaluasi bagaimana manfaat yang diterima para lansia. Kalau di Kecamatan lain dari pantauan kami para lansia sangat antusias dengan program rantang berkah ini dan sangat merasakan manfaatnya karena kualitas kesehatan lansia meningkat,” pungkas Sediyono. (KP-4)

Facebook Comments
Like