Bunga Matahari

PurbalinggaNews – Siapa sangka bunga matahari yang nampak biasa rupanya bisa dijadikan sebagai wisata. Tentunya bunga matahari ini bisa dijadikan sebagai wisata dengan syarat bunga yang ditanamnya lebih dari satu bunga.

Di Desa Serang ada seorang petani yang mulai bergeliat mengubah lahan kebun dari buah stroberi menjadi taman bunga. Ahmad Sutaryo, ia adalah salah satu petani yang kini mulai menggeluti taman bunga di lahan yang disewanya.

Ada sekitar 1500 bunga matahari yang ditanam di lahan seluas 8000 m2. Bunga tersebut sudah empat bulan ditanam sejak empat bulan lalu. Kini bunga tersebut sudah mekar dan memenuhi kebun bunga yang terletak tidak jauh dari pintu masuk Rest Area Lembah Asri Serang.

Di area perkebunan itu tidak hanya ditanami bunga matahari, ada juga bunga aster, iriancis dan pagoda. Bunga-bunga yang ditanami ini guna mengganti tanaman stroberi yang sebelumntya ditanam di lahan tersebut.

Pasalnya, buah stroberi apabila ditanam di musim penghujan tidak dapat tumbuh dengan maksimal di lahan terbuka. Dibutuhkan green house untuk agar stroberi yang dihasilkan bagus dan maksimal.

Oleh karena itu, berinisiatif mengalihakan tanaman stroberi menjadi tanaman bunga di lahannya. Ia pun mempunyai rencana untuk membuat gazebo di area kebunnya. Ia menuturkan saat ini menanam bunga pada lahan terbuka dapat mengundang banyak pengunjung untuk datang. Sehingga pengunjung dapat dengan leluasa menikmati bunga sambil berswafoto.

Sistem tanam yang ia gunakan guna menghasilkan bunga yang maksimal dengan menggunakan sistem tambal sulam. Hanya saja kendala yang dihadapinya ketika daun bunga matahari terkena hama bercak putih.

Ditanya soal target pengunjung, ia belum menargetkan hanya saja ia terus berusaha untuk melengkapi kebun bunganya dengan aneka ragam bunga yang dapat dinikmati pengunjung dan menarik pengunjung untuk datang. Ia menjelaskan kebun bunganya akan dibuka saat tahun baru 2019.

Inisiatifnya ini dalam rangka ikut serta meramaikan geliat pariwisata di Desa Serang. Karena saat ini sudah banyak warga Desa Serang yang mulai bergeliat ke arah pariwisata. Dan banyak diantara mereka yang mulai menanam bunga untuk dijadikan sebagai tempat parieisata.

“Intinya kalau menurut saya sekarang kan kalau bunga lagi booming jadi sekedar ikut kesempatan ikut rame-rame pengembangan pariwisata,” kata Ahmad Sutaryo. (PI-7)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here