PurbalinggaNews –  Sebanyak 117 Peserta Pemilihan Kakang dan Mbekayu Purbalingga 2019 mengikuti tahap tes tertulis dan wawancara di Gedung Indraprasta Owabong Cottage, Rabu (4/9/2019).  Jumlah tersebut terdiri dari 59 peserta putri (Mbekayu) dan 58 peserta putra (Kakang).

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, Kustinah mengatakan pada tahap ini peserta akan diuji dengan 3 aspek. “Mereka akan dinilai dari aspek pengetahuan umum, pariwisata,  dan bahasa”, katanya

Aspek pengetahuan umum juga meliputi pengetahuan pemerintahan. Aspek pariwisata meliputi keparwisataaan, seni budaya dan kepribadian dari  perserta. Sedangkan, bahasa akan dinilai dari kemampuan penggunaan bahasa daerah, bahasa indonesia, dan bahasa inggris.

Tahap ini akan dipilih 30 peserta yang akan menjadi Finalis. “Finalis diumumkan pada kamis, 5 September 2019 di website dinporapar.purbalinggakab.go.id atau instagram @dinporapar_purbalingga, ”kata kasi promosi dan pemasaran wisata Laela Afni Hidayah.

Ia mengatakan peserta juga akan membuat vlog pada 6 September nanti terkait event Golaga Jazz (Gojezz) 15 September 2019 dan Festival Gunung Slamet 27-29 September 2019. “Tempat pengambilan vlognya di tempat wisata di Kabupaten Purbalingga. Jadi, selain untuk memperkenalkan event yang akan dilaksanakan juga mempromosikan keindahan tempat – tempat wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga,”katanya.

Sebelumnya, pada saat Temu Teknik, Selasa (3/9/2019) Kepala Dinporapar, Yanuar Abidin berharap pelaksanaan Kakang Mbekayu 2019 dapat berjalan lancar dan lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya. ”Setiap tahun bisa meningkat dari kualitas penyelenggaraan maupun pesertanya, ini merupakan ajang positif bagi para pemuda dan pemudi untuk berperan mengenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga,” katanya.

Karantina dan pembekalan finalis akan dilaksanakan pada 18 – 19 September 2019,. Kirab Kakang Mbekayu pada 20 September 2019 dan  Grand Final pada 21 September 2019 di Owabong Waterpark. (PI-6)

Facebook Comments
Like